Bupati Rohil Targetkan Pembangunan SPAM Durolis Rampung Tahun 2019

Dibaca: 4403 kali  Rabu,02 Agustus 2017
Bupati Rohil Targetkan Pembangunan SPAM Durolis Rampung Tahun 2019
Ket Foto : Bupati Rohil Targetkan Pembangunan SPAM Durolis Rampung Tahun 2019.

RIAUTERBIT.COM - Pemerintah saat ini tengah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai, Rohil, dan Bengkalis) di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir.


Proyek ini memakan anggaran sekitar Rp800 miliar yang bersumber dari dana APBN, APBD Provinsi Riau dan APBD Rohil, Dumai dan Bengkalis. Jika tidak ada kendala, proyek multiyears ini akan selesai sekitar tahun 2019 mendatang.

Foto ALamsah Riau.


Bupati Rohil H. Suyatno saat meninjau lokasi pembangunan SPAM tersebut mengatakan, proyek yang dibangun di lahan seluas 6 hektar itu pada tahap awal sudah disediakan dana sebesar Rp50 miliar dari APBD Riau untuk pipa.

Foto ALamsah Riau.


"Pada 2018 nanti, kita akan anggarkan Rp24 miliar untuk pengaliran air untuk 3 kecamatan yaitu Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako, dan perlu diketahui untuk Kecamatan Rimba Melintang sampai di jembatan Jumrah saja, dan secara bertahap kita anggarkan pula untuk kecamatan lainnya," terang Suyatno.


Jika tidak ada hambatan lanjutnya, peletakan tiang pancang pertama untuk pembangunan ini nanti dilakukan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada 22 Oktober 2017 mendatang.


Suyatno menerangkan, sumber air yang digunakan dalam pembangunan SPAM Regional  Durolis berasal dari Sungai Rokan yang menjadi sumber air baku satu-satunya yang layak digunakan untuk pelayanaan air minum di ketiga wilayah tersebut. Sungai ini memiliki panjang sekitar 360 km.


"SPAM tidak hanya mengalirkan air untuk masyarakat Rohil tetapi juga hingga ke Dumai dan Bengkalis. Dan tentunya apabila pembangunan ini sukses, maka tidak menutup kemungkinan investor akan melirik daerah kita nantinya," ujar Suyatno mengajak masyarakat mendukung pembangunan proyek tersebut.


Sebagai informasi, SPAM Regional Durolis diinisiasi oleh Pemprov Riau sebagai bagian dalam perwujudan komitmen pemprov untuk peningkatan pelayanan dasar publik bidang air minum. SPAM Regional Durolis adalah salah satu skenario pengembangan air minum regional yang akan dikembangkan di seluruh wilayah Provinsi Riau.


SPAM Regional Durolis ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1600 liter/detik yang terbagi dalam tiga tahap.  Tahap I sebesar 400 liter/detik ini akan dimulai pembangunannya pada Tahun anggaran 2017 dan akan melayani enam kecamatan di Kota Dumai (Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur, Dumai Selatan), empat kecamatan di Rokan Hilir (TP TJ Melawan, Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, Bangko Pusako) dan dua kecamatan di Kabupaten Bengkalis (Mandau, Pinggir) dengan masing-masing jumlah sambungan rumah yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR.


Sumber air yang digunakan dalam pembangunan SPAM Regional  Durolis berasal dari Sungai Rokan yang menjadi sumber air baku satu-satunya yang layak digunakan untuk pelayanaan air minum di ketiga wilayah tersebut.  Tahap I ini akan menelan biaya kurang lebih Rp 800 Milliar yang didanai bersama oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD III Kabupaten/Kota.


Hadir dalam acara rapat dan peninjauan proyek itu Kadis Bapeda Rohil M Job Kurniawan, Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Nurmansyah SSTP MSi, Camat Rimba Melintang Burhanudin Hasan SHut MSc, Camat Bangko Pusako Sukardi SP, Kakan Satpol PP Rohil Suryadi SE, Kapolsek Iptu Kornel Sirait, Danramil 02 Kapten Inf Khairul Anwar, para penghulu, lurah, para UPTD, perwakilan guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.(***)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »