Rakyat Mananti Keputusan Paripurna RTRW Riau Pada Tujuh Agustus Mendatang

Dibaca: 3885 kali  Rabu,02 Agustus 2017
Rakyat Mananti Keputusan Paripurna RTRW Riau Pada Tujuh Agustus Mendatang
Ket Foto : Asri Auzar

RIAUTERBIT.COM- Panitia Khusus Rencana Tata Ruang dan Wilayah DPRD Provinsi Riau menjanjikan paripurna pengesahan RTRW Riau akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2017.

“Tanggal 7 Agustus ini sudah pasti. Tidak akan ditunda. Memang sempat tertunda, atas segala kekurangan itu, kami pihak Pansus yang juga manusia biasa, dalam penyelesaian ini tidak bisa mengakomodir semua permintaan. Ada yang maunya cepat-cepat, ada yang menolak. Kami minta maaf atas hal itu,” kata Ketua Pansus RTRW Riau, Asri Auzar, kepada wartawan di Pekanbaru, Selasa.

Pihak pansus mengakui jadwal ini molor dari rencana awal yang seharusnya dilakukan pada bulan Juli lalu.

Asri Auzar mengatakan, setelah pihaknya menggelar rapat dengan sejumlah perwakilan dari beberapa kementerian dari Jakarta di Pemprov Riau pada Senin (31/7) kemaren, pihaknya langsung mengkoordinasikan ke pihak Sekretariat DPRD Riau untuk memasukkan dalam Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau jadwal paripurna tersebut.

Dalam rapat yang digelar di Pemprov Riau tersebut, menurut Asri pihaknya dan pemerintah pusat membahas soal proyek strategis nasional seperti jalan tol, pelabuhan, kereta api, listrik, pelabuhan pariwisata dan lainnya.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 58 tahun 2017 yang diterbitkan pada 17 Juni lalu tentang percepatan pembangunan proyek strategis nasional.

Ia menambahkan pertemuan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perekonomian, Kementrian Sekretaris Negara dan beberapa pihak terkait lainnya.

Dalam pertemuan tersebut adalah untuk memastikan bahwa kawasan yang merupakan lokasi pembangunan proyek strategis nasional sudah diakomodir.

“Saat ini sudah 90 persen masuk proyek strategis nasional tersebut, tinggal 10 persen lagi. Itu akan menyusul menjelang paripurna pengesahan RTRW tersebut,” ulasnya.

Menjelang tanggal 7 Agustus tersebut, menurut Asri Auzar pihaknya akan melakukan pertemuan dengan beberapa pihak terlebih dulu seperti tokoh masyarakat dan juga pihak Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

“Sembari itu, kita juga menyempurnakan RTRW Riau ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, RTRW Riau ini sudah ditunggu masyarakat Riau sejak 15 hingga 16 tahun. Sekaranglah saatnya bagi Riau untuk memperbarui kembali RTRW tersebut. Hal ini menurut Asri bertepatan dengan ulang tahun Provinsi Riau yang jatuh pada 9 Agustus 2017 ini.

“Ini akan menjadi kado ulang tahun Provinsi Riau ke-60, setelah kita semua masyarakat Riau menunggu selama 15 hingga 16 tahun,” ucapnya. (ant)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »