Legislator Geram Plt Kadisdik Riau Mangkir Tiga Kali Undangan Hearing

Dibaca: 4431 kali  Jumat,28 Juli 2017
Legislator Geram Plt Kadisdik Riau Mangkir Tiga Kali Undangan Hearing
Ket Foto : Rapat kerja yang dipimpin Ketua Komisi V DPRD Riau Aherson di Pekanbaru, Kamis, dengan sejumlah agenda penting

RIAUTERBIT.COM - Komisi V DPRD Riau tampak kesal akibat ketidakhadiran Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Rudiyanto, yang sudah tiga kali tidak menghadiri undangan rapat kerja.

Rapat kerja yang dipimpin Ketua Komisi V DPRD Riau Aherson di Pekanbaru, Kamis, dengan  sejumlah agenda penting yakni terkait penerimaan siswa baru, guru honor daerah, pelantikan kepala sekolah SMK/SMA, progres anggaran 2017, memicu protes anggota dewan yang hadir karena dari Pihak Disdik Riau hanya diwakili oleh Kepada Bidang SMK, Hendri Anof.

"Ini sudah kali ketiga rapat tanpa dihadiri Plt disdik Riau, kami kecewa, sebenarnya ada apa dengan Beliau?. Kalau dulu saya di DPRD kota, tiga kali saja Kadisnya tidak datang, kami jemput paksa bahkan bawa Polisi," ujar Ade Hartati Anggota Dewan dari Fraksi Partai Amanat Nasional meluapkan keheranannya.

Padahal, lanjut Ade, agenda yang dijadwalkan dalam hearing merupakan persoalan penting pendidikan yang disoroti tengah menimbul keresahan di tengah masyarakat.

"Ada dugaan perputaran uang yang terjadi saat penerimaan siswa baru, ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Kalau tidak dihadiri (Plt Kadis) laporan ini seperti terputus," ungkapnya.

Kemudian, Sekretaris Komisi E DPRD Riau Ade Agus Hartanto sependapat dengan rekan-rekannya di Komisi V untuk merekomendasikan kepada pimpinan DPRD, kemudian diteruskan kepada Gubernur Riau, tidak akan menerima Plt Kadisdik selaku mitra kerja. Bahkan Wakil Ketua Komisi V DPRD Riau M. Adil meminta Rudiyanto mundur dari jabatannya sebagai Plt Kadisdik Riau.

Ketua Komisi V DPRD Riau Aherson meminta hearing tidak dilanjutkan dan kemudian melakukan rapat internal dengan anggotanya. Hasil rapat internal ini akan disampaikan kepada Pimpinan DPRD Riau tentang sikap yang harus diberikan kepada Plt Kadisdik.

"Cukup krusial masalah pendidikan, makanya dalam hearing ini kita mau tuntaskan superti apa kedepan, kita berharap kita saling harga menghargailah," kata Aherson.

"Sementara, terkait sikap apa yang akan dilayangkan kepada Plt Disdik masih perlu dibicarakan lagi di tingkat pimpinan, tetapi Senin besok kita akan panggil lagi (Plt Kadisdik)," ungkap Aherson.

Kabid SMK Disdik Riau, Hendri Arnof ketika dimintai keterangan menyatakan bahwa Plt Kadisdik Riau tidak hadir karena sedang melakukan tugas dan undangan di Biro Ekonomi bahkan dirinya ditunjuk sebagai Plh Kadisdik Riau, juga menjadi pertanyaan Dewan.

"Dalam rangka tugas dengan ekonomi, jadi saya tidak bisa komentar lagi karena sudah begitu," ujarnya. (ant)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »