Polda Riau Gelar Lomba Desa Aman Dalam Rangka Meriahkan HUT Bhayangkara

Dibaca: 4267 kali  Rabu,05 Juli 2017
Polda Riau Gelar Lomba Desa Aman Dalam Rangka Meriahkan HUT Bhayangkara
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71 tahun, Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengadakan lomba Desa Aman.
 
Dirbinmas Polda Riau Kombes Pol Kris Pramono melalui Kabag Bin Ops Ditbinmas Polda Riau AKBP H Imam Saputra SIK MH kepada wartawan menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan Polda Riau merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat, bahwa keamanan dan ketertiban itu bukan hanya tanggungjawab Polri semata, namun semua stakeholder yang ada di lingkungan masyarakat.
 
"Kita juga bekerjasama dengan yang biasa kita kenal 3 pilar yakni Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Mereka adalah penjuru kita ditengah-tengah masyarakat untuk mampu memberdayakan masyarakat, untuk menjadi motivator, untuk menjadi mediator, untuk menjadi katalisator sehingga persoalan-persoalan yang ada di masyarakatitu dapat kita selesaikan seperti masalah-masalah sosial dimana bila mungkin kita tidak bisa menanganinya dengan cara komprehensif maka menimbulkan Gangguan Kamtibmas salah satunya adalah masalah pemberdayaan Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling," ujar Kabag Bin Ops Ditbinmas Polda Riau AKBP H Imam Saputra SIK MH kepada wartawan, Selasa dini hari (4/7/2017) usai melakukan peninjauan untuk dinilai beberapa Siskamling di Kelurahan Sidomulyo Timur dan Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.
 
Maka, sambung AKBP Imam, dalam rangka HUT Bhayangkara ke-71, Polda Riau mengadakan lomba Desa Aman, Lomba Kelurahan Aman dengan melihat pemberdayaan masyarakat didalam pengelolaan lingkungannya yaitu dengan mengaktifkan Siskamling.
 
"Siskamling bukan hanya untuk masalah keamanan, namun juga bisa kita menjadi sarana komunikasi untuk masyarakat yang tetap menyatu sehingga apa persoalan yang ada di masyarakat, mereka bisa memecahkan masalahnya sendiri tanpa sedikit-sedikit melapor ke pihak kepolisian, dengan demikian masyarakat merasa betah tinggal di tempat lingkungannya," sebut AKBP Imam.
 
Kali ini, kata AKBP Imam, kita melakukan penilaian terhadap Desa Aman."Sebulan sebelumnya kita sudah memberikan imbauan berupa Surat kepada masing-masing Polres. Dan kita berkeliling untuk melakukan penilaian, mana yang terbaik untuk tingkat Polres yang kita lombakan pihak Polda.
 
Juaranya tentunya nanti akan kita berikan hadiah saat perayaan HUT Bhayangkara ke-71 yang Insya Allah akan kita laksanakan 10 Juli. Dan nanti yang akan menerima hadiah juga bukan hanya Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah atau bahkan Camat yang bisa mendorong mengaktifkan Keamanan dan Ketertiban ini.
 
Siapapun yang berjasa dalam memiliki inisiasi dalam rangka mendorong masyarakat untuk peduli terhadap lingkungannya pimpinan juga menghargai, termasuk juga beberapa Bupati yang Insya Allah nanti akan diundang langsung oleh Bapak Kapolri untuk menerima penghargaan.
 
Masih dikatakan AKBP Imam, kalau di Polresta Pekanbaru itu sendiri, mungkin karena keterbatasan lahan, satu contoh Camat Marpoyan Damai sudah memerintahkan Lurahnya untuk menyiapkan masing-masing Bhabinkamtibmas disiapkan masing-masing kantor di Kelurahan dalam rangka memberikan kenyamanan bagi masyarakat.
 
"Karena mungkin saja yang datang ke Kelurahan bukan hanya masalah administrasi pemerintahan tapi juga mungkin ada masalah-masalah sosial yang tidak ditangani secara komprehensif, tidak ditangani semua pihak stakeholder yang berkepentingan, maka itu akan muncul Gangguan Kamtibmas, sehingga keberadaan Bhabinkamtibmas ataupun Babinsa di Kelurahan itu akan memperkuat lini terdepan aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelasnya.
 
AKBP Imam menambahkan, bila nanti ada kejuaraan tingkat nasional, tentu yang juara pertama di tingkat Polda akan kita lombakan."Mudah-mudahan, yang terbaik inilah akan mengharumkan nama baik Provinsi Riau," harapnya.(*)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »