Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru Sukses Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Dibaca: 5660 kali  Senin,26 Juni 2017
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru Sukses Raih Penghargaan Tingkat Nasional
Ket Foto : Kepala Bidang Tata Lingkungan- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru Hj. Elmawati. ST. MM

RIAUTERBIT.COM - Program lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru patut diacungkan jempol dan apresiasi yang baik, sebab, sekolah binaan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Pekanbaru mampu bersaing dan mendapat penghargaan di tingkat  nasional. Terbukti, SMPN 20 Pekanbaru berhasil peroleh penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata mandiri yang akan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada peringatan hari Lingkungan Hidup se Dunia yang puncak pelaksanaannya pada 2 s/d 4 agustus 2017 mendatang di Jakarta.

Melalui pembinaan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, ratusan sekolah adiwiyata yang ada di Kota Pekanbaru berkembang pesat dan menuai banyak prestasi di tingkat kota hingga skala nasional, hal tersebut terlihat pada tingkat sekolah adiwiyata mandiri, dari 8 sekolah yang diusulkan oleh Provinsi Riau dari beberapa Kabupaten/Kota di Riau pada Tahun 2017 ini, SMPN 20 Pekanbaru berhasil terpilih sebagai pemenang dan sabet penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden Republik Indonesia mewakili Provinsi Riau.

Foto ALamsah Riau.

 Tak hanya sampai disitu, untuk Calon Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2017, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru sudah melakukan pembinaan kepada 43 sekolah Calon Sekolah Adiwiyata Nasional dan akan diusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Kepala dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan melalui Kepala bidang tata lingkungan Hj. Elmawati. ST. MM mengungkapkan, "Tentunya diharapkan 43 sekolah yang diusulkan tersebut dapat menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional nantinya",

Menurut nya, Program Adiwiyata adalah membentuk sekolah peduli dan  berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan, menyediakan generasi penerus yang berwawasan lingkungan guna terwujud nya smart people dan smart living kota pekanbaru.

Selain itu, Program Adiwiyata merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan hidup dengan konsep Green City yang bertujuan untuk mewujudkan Kota Pekanbaru yang bersih, sehat, nyaman dan asri untuk menuju Kota Pekanbaru Smart City Madani.

Foto ALamsah Riau.

 Dapat diilustrasikan dengan jumlah sekolah yang lebih kurang 500 sekolah yang ada di pekanbaru, apabila sekolah-sekolah tersebut telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik melalui program Adiwiyata dapat dibayangkan betapa besar kontribusinya terhadap keasrian Kota Pekanbaru, kontribusi dalam penghijauan, udara yang bersih, pengelolaan sampah terkendali, prilaku siswa/i sekolah yang berbudaya lingkungan yang akan ditularkan kepada keluarga masing-masing, " jelas Kabid yg akrab disapa elma ini.

Berikut adalah jumlah sekolah di Kota Pekanbaru yang telah menerima penghargaan Adiwiyata dari tingkat Kota, Provinsi, Nasional dan Mandiri dari tahun 2012 s/d 2017 yang berjumlah 237 Sekolah dengan rincian sebagai berikut :

1. Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Pekanbaru berjumlah 141 Sekolah

2. Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Riau berjumlah 55 Sekolah
3. Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional berjumlah 33 Sekolah
4. Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri berjumlah 8 Sekolah.‎

"kami bertekad menjadikan semua sekolah yg ada di kota Pekanbaru menjadi sekolah adiwiyata utk membentuk  generasi masa depan generasi yg berwawasan lingkungan" tutup nya.(Diskominfo-pekanbaru)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »