Walikota Pekanbaru DR. Firdaus, MT Pastikan Keamanan Bahan Takjilan Pasar Ramadhan

Dibaca: 3896 kali  Kamis,01 Juni 2017
Walikota Pekanbaru DR. Firdaus, MT Pastikan Keamanan Bahan Takjilan Pasar Ramadhan
Ket Foto : Walikota Pekanbaru DR. H Firdaus, MT saat di Pasar Ramadan di Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru.

RIAUTERBIT.COM - Wali Kota Pekanbaru Firdaus memastikan aneka takjil yang diperdagangkan oleh masyarakat di Pasar Ramadan di Jalan Ronggowarsito setempat aman dari bahan berbahaya seperti Rodamin B dan Borax.

"Kita bersama dinas teknis yakni BPOM, Disperindag saat ini melakukan peninjauan pasar Ramadan Jalan Ronggowarsito untuk memastikan semua yang dijual selama tidak mengandung bahan berbahaya," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai peninjauan sore hari di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan tujuan sidak ini ingin memberikan rasa aman bagi warga Pekanbaru yang akan membeli aneka takjil diperjual belikan di setiap sudut kota.

Karena katanya bukan tidak mungkin akibat ketidaktahuan atau justru kesengajaan bahan baku pembuat makanan takjil ini mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan.

Firdaus bersukur karena dari peninjauan hari pertama tersebut tidak satupun bahan takjil Ramadan di Ronggowarsito mengandung bahan berbahaya.

"Tadi saya sudah dilapori makanan takjil dan sebagainya yang diperdagangkan di Jalan Ronggowarsito ini bebas dari bahan berbahaya," imbuhnya.

Namun demikian Firdaus mengimbau agar para pedagang takjil tetap memperhatikan dan mengindahkan penggunaan bahan pewarna dan pengawet makanan. Bukan hari itu saja akan tetapi hingga Ramadan usai.

Firdaus mencontohkan bahan berbahaya yang perlu diwaspadai yakni pewarna kain Rodamin B yang sering dipakai untuk membuat es delima. Cirinya sangat mudah dikenal dari warna yang ditampilkan lebih cerah, dan kontras.

"Mari pedagang secara sadar gunakanlah bahan yang dianjurkan, demikian juga pelaku usaha yang mendistribusikan jangan coba-coba memakai bahan berbahaya," tegasnya.

Ia menambahkan pengecekan pasar Ramadan ini akan terus dilakukan secara bergiliran ke semua tempat-tempat penjual takjil yang ada di Pekanbaru.

"Kami sudah jadwalkan semua akan dicek, hingga menjelang akhir Ramadan, bagi yang belum jangan coba-coba melanggar," ingatnya menambahkan.

Pantauan media pada sidak takjil Ramadan Wali Kota Pekanbaru, mendatangi satu persatu barisan jajanan yang diperdagangkan di sepanjang Jalan Ronggowarsito.

Sembari menanyakan nama makanan atau minuman yang dijajakan sesekali Firdaus mengkonfirmasi kandungan gizi dan bahan baku takjil yang dijual di wilayah tersebut kepada pedagang.

Firdaus juga mencoba meyakinkan pedagang agar tidak menggunakan bahan berbahaya dalam dagangannya, selain sambil bersilahturahmi dan bersalaman dengan masyarakat Pekanbaru.

Kunjungan mendadak ini juga sempat membuat macet seputaran Gobah dan Ronggowarsito, karena ada beberapa warga yang ingin berfoto bersama walikota mereka. Tidak ketinggalan para pedagang yang ingin produk makanan mereka dipamerkan di instagram dengan memakai foto orang nomor satu di Pekanbaru tersebut.(***)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »