LIPI: Tak Ada Kata Pisah Antara Agama dan Negara

Dibaca: 4579 kali  Minggu,14 Mei 2017
LIPI: Tak Ada Kata Pisah Antara Agama dan Negara
Ket Foto : Diskusi kajian Islam yang mengangkat tema Islam dan negara dilaksanakan di gedung graha pena Riau, Sabtu, (13/5/2017).

RIAUTERBIT.COM-Sabtu (13/5), Lembaga Pengkajian Islam dan Peradaban (LPIP) menggelar diskusi bersama di lantai 3 Gedung Graha Pena Riau, Panam. Diskusi kali ini mengusung tema Hubungan Agama dan Negara dalam Islam. Diskusi yang dipimpin Ketua LPIP Riau, Alaiddin Koto tersebut dihadiri berbagai organisasi Islam di Riau. Antara lain, Muhammadiyah, NU, Hizbuttahrir, Aisyiah, PKS, FPI dan Mitla’ul Anwar.

Alaidin Koto menjelaskan, tema tersebut diangkat mengacu kepada persoalan politik negara yang mencuat saat ini.

‘’Situasi politik saat ini sedang memanas. Mengapa sampai muncul wacana pemisahan antara agama dan negara, ini pertanyaan besar. Kita harus arif membaca tanda-tanda. Taka ada itu. Jangan lagi kita saling mencari kesalahan antara organisasi Islam, jangan membahas khilafiah. Tapi, mari kita bina jamaah kita tentang siasah (politik) ini. Bukan hanya ulama saja, tapi jamaah juga,’’ ungkap Alaidin Koto.

Prof Sudirman, paling tegas menyebutkan bahwa keberadaan organiasai Islam dalam persatuan dan kesatuannya sangat penting menjaga keutuhan negara. Tentu melalui Ijmak para ulama, tokoh, dan para intelektualan. ‘’Tidak zamannya lagi kita saling menyalahkan atau mencari kesalahan organisasi Islam lainnya. Saatnya kita bangkit dan bersatu,’’ kata Sudirman pula.(rp)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »