TNI Tebar Belasan Ribu Benih Ikan Baung Di Danau Tanjung Desa Buluh Cina Siak Hulu

Dibaca: 4978 kali  Rabu,10 Mei 2017
TNI Tebar Belasan Ribu Benih Ikan Baung Di Danau Tanjung Desa Buluh Cina Siak Hulu
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM-TNI yang tergabung dalam Korem Siak Hulu, Provinsi Riau melakukan penebaran 14.000 benih ikan ke Danau Tanjung di Kabupaten Kampar guna pelestarian ikan di daerah itu.

"Ini jenis benih ikan baung," kata Danramil 06/Siak Hulu Kapten inf Kasmir melalui surat elektroniknya, Rabu (10/5/2017).

Menurut Kapten inf Kasmir penaburan benih ini di kawasan Danau Tanjung putus, Desa Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar merupakan bantuan pemerintah.

Sebagai upaya pelestarian ikan baung di Danau Tanjung yang selama ini menjadi habitat. Lalu belakangan jumlahnya mulai menyusut.

Selain juga sebagai budidaya bagi potensi perikanan danau yang sangat dibutuhkan nelayan dan masyarakat sekitar sebagai mata pencarian sampingan.

"Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Bulan Bhakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Riau .Nafilson mengatakan, bahwa penebaran bibit ikan baung ini uapay melestarikan ikan-ikan langka di Danau Tanjung Putus.

Karenanya masyarakat diharapkan dapat menjaga lingkunganya dan kebersihan danau dan sungai di Buluh Cina, jangan sampai tercemar oleh limbah dan kotoran.

"Saya berharap dengan kegiatan penebaran ikan ini, ikan-ikan yang ada di Danau Tanjung Putus akan terjaga keberadaannya. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan kelautan Kabupaten Kampar Dwi Agus S juga mengatakan, bahwa kegiatan penebaran bibit ini bertujuan untuk meningkatkan populasi keanekaragaman jenis ikan yang hidup diperairan.

"Diharapkan akan ada peningkatan stok ikan serta pelestarian sumberdaya ikan di perairan kita," tutupnya.(ant)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »