Polres Siak Terjunkan 300 Personel Amankan May Day

Dibaca: 3952 kali  Minggu,30 April 2017
Polres Siak Terjunkan 300 Personel Amankan May Day
Ket Foto : Polres Siak Terjunkan 300 Personel Amankan May Day

RIAUTERBIT.COM- Kepolisian Resor Kabupaten  Siak, Riau, mengerahkan 300 personel untuk mengamankan demo pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), pada Senin (1/5) besok.

Kapolres Siak AKBP Restika Perdamaian Nainggolan SIK menyebutkan ada tiga lokasi tempat peringatan hari buruh atau Mayday yang akan diamankan pihak kepolisian.

"Dua kegiatan dipusatkan di kecamatan Kandis, satu bersifat demo (penyampaian aspirasi) yang diprakarsai front perjuangan rakyat dan satunya lagi kegiatan olahraga bersama buruh yang diselenggarakan oleh Pemda Siak. Satu kegiatannya lagi di Kecamatan Tualang," kata Restika kepada Antara di Siak, Minggu.

Dia menerangkan pada hari berikutnya, Selasa (2/5), belasan personel akan ikut mengawal buruh dari Kecamatan Kandis dan Tualang untuk melakukan aksi demo ke Pekanbaru, di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan kantor Gubernur Riau.

"Jadi pengamanan dari kepolisian Siak untuk peringatan hari buruh akan berlangsung selama dua hari," katanya lagi.

Saat ditanyakan terkait beredarnya isu tentang larangan dari pihak kepolisian sektor Kandis terhadap front perjuangan rakyat untuk melakukan aksi demo di wilayah tersebut, Restika membantahnya.

"Kami tidak pernah melarang masyarakat untuk melakukan aksi demo, sebab itu bentuk penyampaian aspirasi dari rakyat. Kita selaku polisi, akan turun untuk segi pengamanan," terangnya.

Hanya saja, lanjut Restika, mereka tidak bisa melakukan aksi disembarangan tempat.

Pihak FPR mengajukan akan melakukan aksi di simpang Bunut, dimana wilayah itu berada di pertigaan yang dilewati oleh truk-truk besar pengangkut barang.  

"Simpang itu adalah tempat arus lalu lintas yang banyak dilewati truk-truk besar. Jika terjadi kemacetan atau kecelakaan nantinya saat demo, bisa menimbulkan masalah. Kami tegaskan, tidak pernah melarang mereka demo, tapi pilih tempat yang tidak menganggu ketertiban umum," katanya.

Kapolres mengimbau masyarakat yang menggelar aksi agar tertib dan mematuhi segala aturan.

"Kami berharap aksi berlangsung damai dan tidak mencederai semangat kawan-kawan aktivis yang membela kepentingan para buruh untuk meningkatkan kesejahteraan mereka," katanya. (alam)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »