Setiap Tahun Pemprov Riau Anggarkan Pembangunan Jalin di Kuala Enok

Dibaca: 6998 kali  Selasa,18 April 2017
Setiap Tahun Pemprov Riau Anggarkan Pembangunan Jalin di Kuala Enok
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pantau jalan lintas selatan yang ada di Kuantan Singingi, menghubungkan antara Provinsi Sumatera Barat dan Jambi menuju Kuala Enok, Indragiri Hilir. Jalan lintas selatan ini juga menghubungkan ke kabupaten Indragiri Hulu via Peranap.

Jalur lintas selatan tersebut terus dianggarkan setiap tahunnya termasuk tahun ini yang sudah masuk tahap pelelangan. Di sekitaran jalan lintas ini sebagian besar masih jalan pengerasan banyak terdapat perkebunan sawit dan Hutan Tanaman Industri (HTI) milik PT Riau Pulp and Paper (RAPP).

"Jalur selatan itu untuk menarik komuditi dari Sumatera Barat dan Jambi. Begitu juga sebaliknya, Jambi dan Sumatera Barat juga sudah mempersiapkan. Kalau jadi nanti kita buka (jalan lintas selatan itu), ini untuk jalur lintas ke Kuala Enok," kata Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman, Selasa (18/4/17).

Menurut Andi, pengalokasian anggaran pembangunan lintas selatan tersebut merupakan prioritas jangka panjang, guna menunjang akses jalan Kuala Enok. Karena di Kuala Enok ini terdapat pelabuhan samudra yang merupakan pusat ekonomi baru di Wilayah pesisir selatan Riau.

Karena mengganggap pembangunan lintas selatan ini prioritas, Andi bahkan usai peresmian jembatan Pangean dan Inuman meminta kepada Bupati Kuantan Singingi Mursini, agar setiap pembangunan di kiri kanan jalan diberi jarak. Karena menurutnya, dengan kondisi jalan yang tak terlalu lebar belum sesuai dengan kriteria jalan lintas.

Andi juga meminta kepada Bupati Sukarmis dapat memerintahkannya kepada camat di wilayah itu, agar cepat mengantisipasinya.

"Tahun ini ada kita anggarkan pembangunan jalan hotmix sepanjang tiga kilo meter. Setiap tahun Pemprov Riau terus mengalokasikan kok," terang Andi.(rtc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »