Banyak Miliki Program Study, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Siap Go Internasional

Dibaca: 10226 kali  Sabtu,08 April 2017
Banyak Miliki Program Study, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Siap Go Internasional
Ket Foto : Banyak Miliki Program Study, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Siap Go Internasional

RIAUTERBIT.COM - Masyarakat Kabupaten Kampar patut berbangga dengan berdirinya universitas pertama di Kabupaten Kampar, yakni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UPTT) yang diresmikan oleh Penjabat Bupati Kampar Syahrial Abdi, Senin (27/2/2017) lalu. Adanya Universitas di daerah ini akan semakin menjelaskan bahwa Negeri Serambi Mekkah memang sebuah daerah pendidikan dan gudangnya orang-orang berpendidikan.  

Meski baru seumur jagung dan berlokasi di daerah, namun ternyata, Universitas ini ke depan diharapkan go internasional.

Ketua Yayasan Pahlawan Tuanku Tambusai Prof. Dr H Amir Luthfi di ruang kerjanya di Kampus Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai di Jalan Tuanku Tambusai, Kamis (6/4/2017), Prof Amir Lutfi mengungkapkan, besar harapannya bersama agar Universitas ini nantinya bisa dikenal dan diminati calon mahasiswa dari berbagai daerah Indonesia bahkan dari luar negeri.

Ia menuturkan, saat ini  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai memiliki 16 program studi (Prodi) dan 4 fakutas. 16 Prodi ini terdiri dari 12 prodi strata I, 1 Prodi Diploma IV, 2 Prodi Diploma III dan 1 Prodi Profesi Ners atau Keperawatan.

Adapun program studi yang diselenggarakan yaitu Keperawatan (Sarjana), Gizi (Sarjana), Kesehatan Masyarakat (Sarjana), Bidan Pendidik (D 4), Keperawatan (D 3), Kebidinaan (D 3),  Profesi Ners (Program Profesi), Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( Sarjana), Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (Sarjana), Pendidikan Matematika (Sarjana), Pendidikan Bahasa Inggris (sarjana), Teknik Sipil (Sarjana), Teknik Informatika (Sarjana), Teknik Industri (Sarjana), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Sarjana), dan Hukum (Sarjana).

Prof Amir Lutfi menambahkan, dalam waktu dekat akan segera menyusul Fakultas Ilmu Agama Islam.  "Itu dari Dapartemen Agama, Prodinya  Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah," beber mantan Rektor UIN Suska Riau itu.

Selain itu, tambahan fakultas lainnya adalah Fakultas Ekonomi.

Seperti diketahui, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai bercikal bakal dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP). Penetapan kampus ini menjadi Universitas diundangkan Nomor 97/KPT/I/2017. Kampus ini terletak di dua tempat. Kampus pertama di  Jalan Tuanku Tambusai Nomor 23, Bangkinang Kota. Sedangkan kampus II di Panam, Kilometer 16 Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang Simpang Panam, Pekanbaru.

Izin penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pahlawan Tuanku Tambusai menjadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai tertuang dalam keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 97 / KPT/ I / 2017 tertanggal 20 Januari 2017.(skc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »