Uji Calon Anggota KPU-Bawaslu Usai, Komisi II DPR Rapat Internal

Uji Calon Anggota KPU-Bawaslu Usai, Komisi II DPR Rapat Internal

RIAUTERBIT.COM - Komisi II DPR merampungkan uji kelayakan dan kepatuhan (fit and proper test) calon komisioner KPU-Bawaslu malam ini. Setelah melakukan uji itu, Komisi II menggelar rapat tertutup untuk menentukan nama calon komisioner yang lolos.

"Semuanya berjalan lancar sesuai agenda. Proses selanjutnya internal. Kami akan memutuskan melalui mekanisme pilihan dan hal lain untuk penentuan calon terpilih KPU-Bawaslu," ujar Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017).

Rapat digelar sekitar pukul 22.40 WIB setelah menguji kesepuluh calon komisioner Bawaslu. Nama-nama calon komisioner KPU-Bawaslu yang lolos akan disampaikan ke rapat Badan Musyawarah (Bamus) terlebih dahulu.

"Kalau putusan rapat belum selesai, maka dilanjutkan besok. Ini menjadi pegangan, bahwa insyaallah tanggal 6 rapat paripurna untuk menyampaikan laporan Komisi II terkait uji ini. Hasil nggak langsung diumumkan, kami lapor dulu ke Bamus," ucap Amali.

Saat menutup rapat, Amali menyampaikan kepada calon komisioner Bawaslu bahwa komisioner yang lolos seleksi akan diundang ke rapat paripurna DPR pada 6 April. Amali memastikan penilaian berjalan objektif.

"Bagi yang terpilih, akan ada undangan di paripurna. Berdoalah semoga Saudara termasuk yang terpilih. Apabila belum, maka masih ada kesempatan. Percayalah, kami menilai seobjektif mungkin," tutur Amali.

Komisi II telah menggelar fit and proper test calon komisioner KPU-Bawaslu sejak Senin (3/4) kemarin. Hari pertama menguji 14 calon komisioner KPU dan hari kedua menguji 10 calon komisioner Bawaslu.

Berikut ini 14 nama calon komisioner KPU periode 2017-2022:
1. Amus Atkana
2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
3. Ilham Saputra
4. Evi Novida Ginting Manik
5. Ferry Kurnia Rizkiyansyah
6. Ida Budhiati
7. Wahyu Setiawan
8. Sri Budi Eko Wardani
9. Pramono Ubaid Tanthowi
10. Yesst Y Momongan
11. Hasyim Asy'ari
12. Arief Budiman
13. Viryan
14. Sigit Pamungkas

Berikut ini 10 nama calon komisioner Bawaslu periode 2017-2022:
1. Abhan
2. Abdullah
3. Ratna Dewi Pettalolo
4. Mohammad Nadjib
5. Fritz Edward Siregar
6. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
7. Mochammad Afifuddin
8. Rahmat Bagja
9. Syafrida Rachmawaty Rasahan
10. Sri Wahyu Ananingsih.(dtc)

Berita Lainnya

Index