Dinsos Riau Taja Rakorda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Tahun 2017

Dinsos Riau Taja Rakorda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Tahun 2017
Dinsos Riau Taja Rakorda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Tahun 2017

RIAUTERBIT.COM-Dinas Sosial Provinsi Riau melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah Penyelenggraan Kesejahteraan Sosial pada 15-17 Maret 2017 bertempat di Hotel Premiere Pekanbaru dengan tema “Sinergi Kebersamaan Dalam Penanganan PMKS  di Provinsi Riau”. Rapat Koordinasi yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau Ir. H. Arsyadjulliandi Rachman, MBA dihadiri oleh Dirjen Fakir Miskin, BAZNAS, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, dan Komisi E DPRD Provinsi Riau.

Dalam sambutannya Gubernur Riau menyampaikan bahwa Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) harus  kita tangani bersama karna tanpa kerjasama yang baik antar Stakeholder  terkait permasalahan PMKS ini tidak akan bisa terselesaikan. dalam sambutannya beliau juga menyampaikan beberapa poin tentang meningkatkan kemajuan IT disetiap Dinas/Badan dan bagaimana cara memanfaatkannya semaksimal mungkin, mensinergikan antara Dinsos dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik dan memanfaatkan IT untuk data kemiskinan agar pencegahannya dapat segera diatasi.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin AR, M.Si sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Rakorda ini antara lain menyatukan visi, misi dan komitmen semua Stakhholder dalam Penanganan Permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Provinsi Riau, menggali Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam Penanganan PMKS, mengkoordinasikan percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan pada penerima manfaat dan Mensinkronkan pelaksanaan penganggaran kegiatan bidang Sosial Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota dengan mengacu pada pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Adapun peserta yang hadir pada Rakor ini terdiri dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota se Provinsi Riau sebanyak 12 orang, Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Riau sebanyak 12 orang, Kepala Bidang, Kepala UPT Dinas Sosial Provinsi Riau sebanyak  9 orang., Kepala Kasubbag, Seksi Dinas Sosial Provinsi Riau sebanyak 21 orang, Bappeda Provinsi Riau 1 orang, Dinas  PP dan PA Provinsi Riau, Biro Administrasri Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi Riau 1 orang, Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Provinsi Riau 1 orang, PSBR Rumbai 1 orang, Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 1 orang, Pengurus CSR 1 orang dan Sakti Peksos 1 orang. Narasumber yang mengisi Rakorda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial kali ini berasal dari  Ketua Komisi E DPRD Provinsi Riau, Kementerian Sosial RI, BAPPEDA Provinsi Riau, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Ketua Forum CSR dan Ketua BAZNAS Provinsi Riau.

Setelah dibuka secara resmi pada sesi pertama Rakorda dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab secara panel oleh narasumber Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial R.I., BAZNAS, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, dan Komisi E DPRD Provinsi Riau dengan moderator  Kepala Dinas Sosial Provinsi  Riau. Pada sesi berikutnya dilanjutkan pemaparan narasumber dari Biro Perencanaan Kementerian Sosial R.I. dan Bappeda Provinsi Riau dipandu moderator Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Riau Suratno, S.Sos, M.Si.

Dalam kesempatan ini juga dipamerkan beberapa hasil karya dari kelompok penerima manfaat binaan Dinas Sosial Provinsi Riau diantara  Kelompok Usaha  Bersama (KUBE) Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan Bengkalis, DPC Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Pekanbaru dan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Mercusuar Kota Pekanbaru berupa makanan, songket, rangkaian bunga berbahan akrilik, kerajinan tangan dan perlengkapan budidaya eceng gondok. Hasil karya tersebut mendapatkan apresiasi dari Direktur jenderal Penanganan fakir Miskin dan pengunjung dibuktikan dengan banyaknya hasil karya yang diborong.

Rakorda ini diharapkan dapat terwujudnya komitmen diantara Stakeholder dalam membantu penanganan PMKS di Provinsi Riau, terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan pada penerima manfaat serta meningkatnya partisipasi PSKS dalam Penanganan PMKS di Provinsi Riau.(rls)

Berita Lainnya

Index