Legislator Pekanbaru Pastikan Pembangunan Kantor Polresta Setempat Lancar

Legislator Pekanbaru Pastikan Pembangunan Kantor Polresta Setempat Lancar
Legislator Pekanbaru Pastikan Pembangunan Kantor Polresta Setempat Lancar

RIAUTERBIT.COM - Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru memastikan pembangunan gedung baru kantor Polisi Resor Kota (Polresta) setempat berjalan lancar sesuai rencana anggaran dan waktu pengerjaan.

"Alhamdulilah kami lihat kondisi di lapangan pekerjaan gedung cukup representatif tidak ada hal-hal yang mencolok," kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel usai melakukan kunjungan lapangan melihat progres pembangunan gedung baru Polresta di Pekanbaru, Selasa.

Roni Amriel beserta anggota komisi lainnya menjelaskan kunjungan ini sebagai salah satu fungsi pengawasan yang harus dilakukan pihaknya. Harusnya ini berlangsung akhir tahun yakni Desember lalu, namun karena kesibukan baru bisa saat ini.

Tujuannya guna melihat kondisi gedung yang dikerjakan oleh rekanan termasuk pembangunan rumah dinas Kapolresta sesuai bestek atau tidak.

"Hari ini Komisi IV hadir dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan, karena penganggaran sudah kami kerjakan," tuturnya.

Pengawasan ini tidak berhenti sampai di sini akan berlanjut dengan pertemuan lagi bersama SKPD terkait beserta kontraktor untuk meminta penjelasan apakah tahun ini gedung tersebut sudah bisa digunakan atau belum.

"Secara teknis DPRD belum dapat informasi apakah 2017 gedung baru ini fungsional atau belum," tuturnya.

Selain kunjungan lapangan sambung Roni pihaknya juga ingin menanyakan langsung kondisi pelayanan Polresta Pekanbaru dan kendala dihadapi.

"Kami juga di sini menampung saran dan keluhan yang dihadapi oleh Polresta," terangnya.

Ia menambahkan gedung baru Polresta ini dibangun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pekanbaru pada 2016 sebesar Rp5,7 dilanjutkan 2017 sebesar Rp3,5 miliar.

Di sisi lain Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto mengucapkan terima kasih atas bantuan dan apresiasi Pemerintah Kota dan DPRD yang sudah membantu menambah fasilitas gedung untuk pelayanan pengaduan masyarakat.

Menurut Susanto dengan berfungsinya gedung baru Polresta ini nanti pelayanan dan fasilitas ke masyarakat bisa meningkatkan demikian juga kinerja.

"Fungsi gedung baru ini pertama sebagai aula, lalu sebagai ruang tugas bagi jajaran reserse," urainya.

Ia menambahkan saat ini kondisi ruangan reserse dipadatkan pelayanannya di gedung lama sehingga saat mau pemeriksaan itu antara pemeriksa dan yang diperiksa bergantian duduknya karena tidak muat. Ini mengganggu kinerja.

"Maka dengan gedung baru ini kami berharap 2017 jajaran reserse bisa pindah," katanya mengakhiri.

Pantauan Antara di lapangan usai melakukan peninjauan gedung baru dua lantai yang dibangun untuk Polresta, tim DPRD meluncur ke lokasi pembangunan Rumah Dinas Polresta yang pesis di seberang Jalan A Yani.

Di sini kondisi pembangunan rumah dinas Polresta tahap I sudah tuntas dengan anggaran biaya sekitar Rp1,9 miliar lebih.

Untuk tahap II sudah dianggarkan Rp2 miliar lagi hingga selesai. (*/ant)


 

Berita Lainnya

Index