Konflik Pencopotan Sekretaris

Kantor DPW PAN Riau Disegel Sejumlah Kader saat saat Hendak Dikunjungi Ketua Umum DPP Zulkifli

Kantor DPW PAN Riau Disegel Sejumlah Kader saat saat Hendak Dikunjungi Ketua Umum DPP Zulkifli
Kantor DPW PAN Riau yang disegel kader.

RIAUTERBIT.COM- Sejumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) Riau melakukan penyegelan dan penutupan Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) di Jalan Arifin Ahmad. Mereka menolak kehadiran Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Senin (20/2/2017) siang ini. Kader tidak puas dengan sikap Ketua DPW PAN Riau Irwan Nasir yang terkesan semena-mena.

Berdasarkan pantauan dilapangan, penutupan pintu masuk gedung DPW sendiri sudah terjadi sejak Minggu (19/2/2017) malam. Informasi yang dikumpulkan di lapangan, para kader dan pengurus DPW PAN Riau protes karena Ketua Umum DPP PAN Riau telah mencopot Sekretaris DPW PAN Riau Zainal Abidin tanpa prosedur organisasi.

Pencopotan ini buntut dari perseteruan Ketua DPW PAN Riau Irwan Nasir dengan Zainal Abidin. Awalnya, hubungan Irwan dan Zainal baik-baik saja. Hubungan mulai memanas ketika pembentukan pengurus kabupaten/kota melalui musyawarah daerah (musda). Irwan menuduh Zainal merekayasa pimpinan DPD.

Sementara itu, Zainal menganggap Irwan yg memaksakan orang-orang dia untuk duduk di kepemimpinan DPD tanpa memperhatikan jenjang kader, termasuk orang dekatnya, Dewi sebagai Bendahara DPD PAN Kota Pekanbaru.

Selanjutnya, Irwan memaksa Zainal dipecat, namun Pengurus DPW PAN Riau tak bisa menerima. Sebab, pemecatan itu tak sesuai dengan AD/ART PAN. Pemecatan harus melalui pleno dan dibahas tindak kesalahan yang bersangkutan. Padahal, Zainal dianggap tidak ada melanggar aturan dan pleno tak pernah dilaksanakan.

Ternyata Irwan tetap ”bermain” dengan pengurus DPP PAN. Akhirnya, Zainal betul-betul dicopot. Malahan, sejumlah pengurus lain yang mempertahakannya, di-reshuffle dari kepengurusan.

Sampai siang ini, kantor PAN Riau masih digembok. Dua pintu masuk dirantai dan digembok. Di luar terpajang spanduk penolakan terhadap kepemimpinan Irwan Nasir. "PAN Riau Menolak Irwan Nasir sebagai Kader!!!"

Rencananya, Zulkifli Hasan akan datang ke kantor itu untuk konsolidasi partai pukul 13.00 WIB setelah menghadiri acara di Universitas Riau. Undangan via SMS pun sudah diedarkan Irwan selaku ketua tanpa sekretaris. Mendapat sms itu, kader-kader PAN Riau bergerak menggembok kantor.

"Irwan sudah enam bulan tidak berkantor di sini sejak konflik DPW PAN Riau terjadi," ujar Haryandi salah satu kader. (ptn)

Berita Lainnya

Index