Ini Kata Kapolres Kampar Terkait Spanduk Pilkada Bersih LIRA

Ini Kata Kapolres Kampar Terkait Spanduk Pilkada Bersih LIRA
Kepolisian Resor Kampar tampaknya mendukung penuh kegiatan DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kampar tentang seruan Pilkada Kampar Bersih.

RIAUTERBIT.COM- Kepolisian Resor Kampar tampaknya mendukung penuh kegiatan DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kampar tentang seruan Pilkada Kampar Bersih.

Dalam spanduk tersebut tampak Kapolres disandingkan dengan Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kampar Herlambang Saputro dan Kepala Seksi Intelijen Kejari Kampar Lasargi Marel. Edy Sumardi, saat diminta keterangannya ihwal seruan Pilkada Bersih itu, menyatakan bahwa LIRA tergabung dalam Forum Pilkada Damai.

"Sesuai amanat UU (Undang-undang) tentang Pilkada Serentak, telah menginisiasi dan melakukan upaya untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada Kampar yang aman dan damai," katanya, Jumat (9/2/2017).

Menurut Edy, salah satu dari upaya itu adalah dengan membentuk Forum Pilkada Damai. Adapun Forum Pilkada Damai terdiri dari, Polri, Pemkab Kampar, Ketua DPRD, Kejari Kampar, Kodim 0313/KPR, Danyon 132/Bima Sakti, KPU dan Panwas.

Pasangan Calon Kepala Daerah dan Tim Pemenangan masing-masing juga tergabung di dalam forum. Selain itu, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pengawas Independen seperti insan pers, LSM, Ormas, Mahasiswa dan OKP juga ikut tergabung.

Edy menjelaskan, tugas Pilada Damai dibagi tiga Satuan Tugas. Pertama, Satgas Preemtif yang mencakup edukasi dan humas. Kedua, Satgas Preventif mencakup monitoring dan pencegahan. Ketiga, Satgas Gakkum untuk melaksanakan penegakan hukum.

"LSM LIRA tergabung dalam Satgas Preemtif yang bertugas untuk memantau," ujar Edy.

Ditambahkan dia, Satgas ini juga dapat menyampaikan himbauan dan sosialisasi kepada semua masyarakat melalui baliho, selebaran, pemberitaan dan media sosial.

Edy menegaskan, pada prinsipnya bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menciptakan Pilkada jujur dan bersih.

"Ikut mengkawal pesta demokrasi serta menghimbau untuk jangan mau ikut ber-money politik," tandasnya. (*/rls)

Berita Lainnya

Index