Polda Riau Tawarkan Proyek Pengamanan Khusus Untuk DPRD, Ini Tanggapan Septina

Dibaca: 6965 kali  Kamis,09 Februari 2017
Polda Riau Tawarkan Proyek Pengamanan Khusus Untuk DPRD, Ini Tanggapan Septina
Ket Foto : Demo Mahasiswa di Polda Riau

RIAUTERBIT.COM- Direktorat Pengamanan Objek Vital Kepolisian Daerah Riau melakukan kunjungan dalam rangka sosialisasi pengamanan khusus kepada DPRD Provinsi Riau, di Kota Pekanbaru, Kamis.

Kasubdit Lembaga Negara Ditpamobvit Polda Riau AKBP Edwar menjelaskan Direktorat Pengamanan Obyek Vital bertugas menyelenggarakan kegiatan pengamanan terhadap obyek khusus meliputi personil dan fasilitas, material logistik, kegiatan di dalam fasilitas lembaga negara, perwakilan negara asing, industri, Obvitnas dan obyek pariwisata yang memerlukan pengamanan khusus.

"Kami ingin melihat bagaimana sistem keamanan di gedung DPRD Riau, apakah ada penjagaan dari satpam atau Satpol PP, apakah ada sistem pengamanan dokumen, dan pengamanan ketua DPRD," ujar AKBP Edwar.

Ia melanjutkan, DPRD Riau sebagai salah-satu lembaga negara, termasuk dalam wilayah yang wajib diamankan yang di dalamnya ada ketua dan anggota DPRD, gedung DPRD yang menyimpan dokumentasi bersifat rahasia serta rumah dinas Ketua DPRD.

Ia mengatakan, saat memasuki gedung wakil rakyat, seperti penjagaan gedung sangat longgar, sehingga mereka datang bisa masuk dengan mudah tanpa pengawalan. Padahal, DPRD sebagai lembaga penting perlu ekstra penjagaan.

AKBP Edwar juga menambahkan, Dit Pam Obvit, baru ada di tingkat Polda saja. Sedangkan di tingkat Polres belum ada strukturalnya. Sehingga koordinasinya masih berada dibawah Kasat Sabhara.

Kunjungan tersebut diterima Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Wakil Ketua Mahanara Manurung dan Sekwan Kaharuddin.

Ketua DPRD Riau Septina mengaku baru tahu mengenai tugas utama dari Ditpamobvit setelah adanya sosialisasi. Ia mengatakan, soal keamanan di lingkungan DPRD Riau diakui saat ini masih terbilang longgar.

"Jadi tadi pihak Ditpamobvit menawarkan pengamanan dari pihak mereka. Karena apa yang terjadi dengan keamanan di lembaga dewan, tentu mereka punya kewajiban untuk itu," tegas Septina.

Namun, lanjut dia, terkait keamanan tentu ini menjadi program dari Setwan DPRD Riau. Sejauh ini, sudah ada kegiatan kerjasama dilakukan dengan pihak ketiga yang sudah masuk tahap pelelangan, dan sudah dapat izin dari Polda Riau.

"Pada prinsipnya, kami sangat mengapresiasi apa yang disampaikan dari Ditpamobvit dan kami sangan terbuka, namun Sekwan yang bisa menjawab," ujar Septina. (ant)
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »