Ayo Ikuti Kegiatan Dinkes Riau Dalam Peringati Hari Kanker Sedunia

Ayo Ikuti Kegiatan Dinkes Riau Dalam Peringati Hari Kanker Sedunia
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau akan melakukan aneka kegiatan selama dua hari dalam rangka memeriahkan peringatan hari kanker sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari di Pekanbaru.

RIAUTERBIT.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau akan melakukan aneka kegiatan selama dua hari dalam rangka memeriahkan peringatan hari kanker sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari di Pekanbaru.  

"Kami akan berkolaborasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad memberikan layanan tes "Pap Smear" gratis bagi 35 kaum perempuan di wilayah setempat," kata Kepala Dinkes Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Jumat.

Mimi Yuliani Nazir menjelaskan kanker servik atau mulut rahim menempati peringkat tiga sebagai penyebab kematian pada wanita.    Sasarannya kaum wanita yang berusia diatas 40 tahun.

"Angka kanker servik nomor 3 terbanyak setelah colorectal (anus)," jelasnya.  

Sebut Mimi "Pap Smear" merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina.   Tes "Pap Smear" penting untuk wanita.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan hari kanker sedunia 2017," tegasnya.  

Ia menambahkan dengan thema "Kita bisa, aku bisa" pihak Diskes berharap semua peduli pada pencegahan dini kanker.  

Adapun rangkaian acara lainnya yang digelar Sabtu,  peresmian Gedung Kanker Terpadu Seruni RSUD Arifin Achmad Jalan Mustika Pekanbaru oleh Gubri.

Penandatanganan Komitmen Pemprov mendukung masyarakat melawan kanker, pengembangan pelayanan kanker dan mengenalkan Riau Cancer Care Community (RC3).   "One stop service" untuk perawatan kanker.

Selanjutnya penyerahan dua buah ambulance untuk kanker dari CSR Pertamina.  

Sementara Minggu, di Area Car Free Day Jalan Diponegoro dilakukan Gerakan Masyarakat untuk hidup sehat (Germas) ada senam zumba, penandatanganan komitmen peduli kanker bersama masyarakat, peluncuran budaya makan sayur dan buah bersama masyarakat, cek kesehatan gratis seperti gula darah, asam urat, tensi dan kolesterol,dan konseling gizi, mammografi dan pap smear gratis, seminar tentang kanker untuk masyarakat umum yang diadakan di RSUD Arifin Achmad dan juga lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak penderita kanker di aula serba guna setempat. (ant)

Berita Lainnya

Index