Mengantisipasi Pungli, Tim Saber Pungli Pekanbaru Resmi Dikukuhkan

Dibaca: 7599 kali  Rabu,25 Januari 2017
Mengantisipasi Pungli, Tim Saber Pungli Pekanbaru Resmi Dikukuhkan
Ket Foto : Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger Kukuhkan Tim Saber Pungli

RIAUTERBIT.COM- Untuk mengantisipasi praktik pugnutan liar (pungli) di Kota Pokanbaru, Selasa (24/12017) siang Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli dikukuhan. Tim ini merupakan gabungan dari beberapa Forkopimda seperti Pemerintah Kota (Pemko) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kejaksaan Negeri (Kejari), Komando Distrik Militer (Kodim) 0301 , Pengadilan Negeri Pekanbaru. Pengukuhan itu sesuai dengan keputusan Walikota Pekanbaru Nomor 104 tahun 2017.

"Dengan pengukuhan ini tim saber pungli harus bekerja memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat di tiap pelayanan yang ada di Pekanbaru," kata Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger.

Ia juga mengajak satuan kerja (Satker) bidang pelayanan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia juga menekankan agar tidak ada lagi pungli di Satker Pemko Pekanbaru.

"Kalau bisa pekerjaan tim ini tidak berat. Tidak ada yang ditangkap. Mari kita sama sama menjaga dan berbuat yang terbaik dalam pelayanan agar masyarakat nyaman," kata dia.

Pada agenda pengukuhan itu, Pemko Pekanbaru juga menandatangani MoU kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru untuk tindak hukum pelaku pungli.

"Ada dua MoU yang kita tandatangani. Semoga dengan MoU ini Satker dapat jalankan kinerja dengan baik sesuai yang telah disusun di APBD," imbuhnya.

Ditempat yang sama Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto mengatakan tugas sebagai Satgas Saber Pungli ini merupakan kewajiban bersama untuk mengawasi dan saling introspeksi. Tujuannya agar satuan maisng-masing bisa bekerja dengan lebih baik dan bersih lagi. "Ini penekanan paling penting, mari sama-sama bekerja," ujarnya.

Susanto juga mengatakan tugas pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pengukuhan ini.

Demikian juga dengan Kajari Pekanbaru Idianto yang mengatakan sangat mendukung Satgas ini. Ia mengimbau kepada seluruh aparat pemerintah untuk saling mengingatkan agar tidak keluar dari koridor. "Terutama untuk keluarga, kerabat dekat, dan lainnya, karena ini jadi pengawasan kita," sebutnya.

Idianto juga mengatakan Satgas ini juga bisa memberikan nilai kejut untuk mencegah munculnya praktik-praktik pungli ini. Kejari juga akan menyiapkan pengawasan dan pendampingan terhadap kegiatan-kegiatan aparat. "Seperti kegiatan pengadaan proyek-proyek yang dianggap rawan, supaya bisa tetap beralan sesuai dengan jalurnya," sebut Idioanto. (rtc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »