Tembakau Gorila Masuk Kategori Narkotika

Dibaca: 4894 kali  Jumat,06 Januari 2017
Tembakau Gorila Masuk Kategori Narkotika
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Tembakau gorila, yang kini dijual bebas di masyarakat, akan resmi masuk dalam daftar jenis narkotika yang dilarang peredarannya. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika, menyatakan tembakau gorila masuk dalam golongan narkotika.

"Tapi namanya (di Permenkes) bukan Tembakau Gorila, yang masuk nama kimianya," kata Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemenkes Barlian kepada detikcom melalui pesan singkat, Jumat (6/1/2017).

Barlian mengungkapkan, Jumat pekan depan (13/1/2017) pihaknya akan mengunggah permenkes tersebut di situs resmi kementeriannya. Saat ini draf permenkes itu berada di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk proses akhir pembuatan undang-undang atau proses pengundangan.

"Proses pengundangan di Kumham sesuai dengan SOP (standard operating procedure) Kumham paling lama tujuh hari. Kemungkinan Jumat depan (permenkes) sudah di-upload di website Kemenkes," jelas Barlian.

Selain tembakau gorila, Kemenkes memasukkan 27 new psychoactive substances (NPS) atau zat baru narkotika yang belum diatur undang-undang ke dalam golongan narkotika.

Badan Narkotika Nasional (BNN) sebelumnya memberi penjelasan mengenai tembakau gorila. BNN menyebut tembakau gorila merupakan campuran antara tembakau atau rokok dan ganja sintetis.

"Ini tembakau gorila secara umum tembakau biasa atau rokok biasa yang dicampur dengan ganja sintetis," kata Kabag Humas BNN Kombes Slamet Pribadi di kantor BNN.

Slamet menambahkan, ada 46 NPS yang beredar. Namun baru 18 yang diatur dalam Peraturan Menkes Nomor 13 Tahun 2014 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika.

"Kita belum deteksi (dari mana), banyaknya pesan dari luar, home industry belum ditemukan, penjualan dari bisik-bisik dan online. Dampaknya seperti ganja, halusinogen. Orang terhalusinasi, badan jadi limbung," ujar Slamet.(dtc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »