Pembuatan Rudal Balistik Jarak Jauh Korut dalam Tahap Akhir

Pembuatan Rudal Balistik Jarak Jauh Korut dalam Tahap Akhir

RIAUTERBIT.COM - Uji coba rudal balistik jarak jauh yang mampu mengangkut hulu ledak nuklir akan dilaksanakan dalam waktu dekat, kataKim Jong-un.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, menyatakan uji coba rudal balistik jarak jauh yang mampu mengangkut hulu ledak nuklir akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Saat menyampaikan pernyataan Tahun Baru, Kim mengklaim bahwa pembuatan rudal balistik antarbenua milik Korut dalam "tahap akhir".

"Riset dan pengembangan peralatan senjata canggih berjalan secara aktif dan persiapan uji roket balistik antar benua dalam tahap akhir," kata Kim.

Pyongyang telah melakoni dua tes nuklir selama setahun terakhir. Bahkan, baru-baru ini Korut mengklaim telah mencapai terobosan dalam mengembangkan sebuah rudal yang mampu mencapai daratan Amerika Serikat.

Akan tetapi, kantor berita Reuters mengutip keterangan seorang pejabat senior militer AS yang menyebutkan bahwa meskipun Korea Utara tampaknya mampu meletakkan hulu ledak nuklir dalam wujud miniatur pada rudal, teknologi rudal yang membuat sebuah roket menjangkau sasaran jarak jauh masih menjadi kendala serius bagi Korut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyerukan pada Korut untuk tidak melakukan uji rudal dan menerapkan beragam sanksi, namun hal itu diabaikan Korut.(dtc)

Berita Lainnya

Index