Masyarakat Yang Menginginkan Perbaikan Infrastruktur Satu Persatu kini Mulai Bisa Diwujudkan

Dibaca: 8980 kali  Sabtu,31 Desember 2016
Masyarakat Yang Menginginkan Perbaikan Infrastruktur Satu Persatu kini Mulai Bisa Diwujudkan
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Besarnya dana yang dimiliki desa saat ini membuat khayalan masyarakat yang menginginkan berbagai perbaikan infrastruktur satu per satu kini mulai bisa diwujudkan.

"Alhamdulillah Pak, kini dana desa sangat besar. Dengan begitu apa yang kami impikan selama ini, satu per satu sudah dapat kami penuhi. Seperti jalan, jembatan dan banyak lainnya. Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan," kata H Palaloi, Kepala Desa Sungai Nyiur.

Diakui oleh kades yang telah menjabat 2 periode tersebut, hal ini dimulai sejak program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) diluncurkan Pemkab Inhil pada 2014 lalu. Sejak masa itu, ratusan juta bahkan ada yang sampai miliaran rupiah dimiliki oleh pemerintah desa untuk pelaksanaan kegiatan di desanya masing-masing.

"Di situ mulainya. Lalu tahun lalu ditambah dari dana pusat yang membuat kini hampir seluruh desa tak ada lagi yang memiliki anggaran di bawah setengah miliar. Sehingga tak perlu menunggu lama, apa yang menjadi prioritas pembangunan masyarakat untuk menunjang kehidupan sehari-sehari, bisa ditentukan dan diwujudkan sendiri oleh masyarakat," paparnya.

Dana yang besar itu, jelas pria berdarah Bugis tersebut, dapat diberdayakan bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur saja. Dana tersebut, katanya, juga bisa digunakan untuk pemberdayaan dan pembinaan masyarakat, serta pemerintahan.

Sejak dana dimiliki desa sangat besar, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diselenggarakan desa pun kini selalu ramai. Tak seperti dulu yang pasti sepi karena masyarakat sudah bosan mengikutinya karena dianggap percuma akibat tak dapat menampung aspirasi mereka.

"Kalau sekarang malah masyarakat berbondong untuk datang musrenbang. Usulan pun kini sudah macam-macam. Bahkan kalau kini bisa sampai 70 paket sekali musrenbang. Kita juga tidak khawatir lagi dan sudah berani mendengar aspirasi masyarakat mau bangun apa," katanya.(adv / zon)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »