Pilkada Kampar Semakin Dekat, Panwas Segera Selidiki Sumber Dana Kampanye Paslon

Pilkada Kampar Semakin Dekat, Panwas Segera Selidiki Sumber Dana Kampanye Paslon

RIAUTERBIT.COM - Pasangan Calon telah menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke KPU Kampar, 20 Desember lalu. Namun belum diketahui apakah Panitia Pengawas Pilkada Kampar juga telah menerima tembusan LPSDK tersebut.

Ketua Panwas Kampar, Martunus Rahmat mengaku belum tahu meski LPSDK sudah diserahkan sepekan lalu. Menurut dia, kemungkinan tembusan LPSDK sudah masuk ke Sekretariat Panwas. Hanya saja, ia belum melihatnya.

Martunus mengemukakan, Panwas berfungsi mengawasi aliran dana kampanye yang diterima semua Paslon. Oleh karena itu, Panwas perlu mendapatkan salinan LPSDK untuk dijadikan acuan penelusuran sumber dana.

"Kita akan melakukan kajian. Dari mana sumber dananya. Misalnya, ada dari BUMN atau BUMD. Itu kan menyalahi aturan," ujar Martunus seraya memberi contoh.

Martunus mengaku belum mendapat arahan dari Badan Pengawas Pemilu tentang fungsi Panwas dalam pengawasan dana kampanye. Ia juga menolak berkomentar lebih jauh saat ditanya jika ada kemungkinan Paslon tidak melaporkan semua sumbangan dana kampanye yang diterima.

"Panwas belum sejauh itu. Lagian, belum ada arahan atau perintah dari Bawaslu tentang pengawasan terhadap dana kampanye," jelas Martunus.(s.kampar)

Berita Lainnya

Index