Aziz Zainal Diduga Mobilisasi Camat Serta Kades se-Kampar Timur

Dibaca: 15118 kali  Jumat,30 Desember 2016
Aziz Zainal Diduga Mobilisasi Camat Serta Kades se-Kampar Timur
Ket Foto : Aziz Zainal Poto Bersama Camat Serta Para Kades se-Kampar Timur Sembari Mengacungkan Tiga Jari No Urut Aziz-Catur Sugeng

RIAUTERBIT.COM - Dipimpin Camat Kampar Timur, Syamsuriansyah, Kades se-Kecamatan Kampar Timur menggelar pertemuan dengan Aziz Zainal, Cabub Kampar nomor urut 3, Jumat (30/12). Patut diduga, pertemuan ini terkait dengan suksesi mewujudkan ambisi Aziz Zainal duduk sebagai Bupati Kampar pada Pilkada 15 Februari 2017 mendatang.

Dalam poto yang beredar, para Kades se-Kecamatan Kampar Timur, terlihat jelas mengacung tiga jari yang merupakan nomor urut Aziz Zainal-Catur Sugeng Susanto. Lewat poto itu terlihat jelas, Aziz duduk didampingi langsung Camat Samsuriansyah yang tak lain adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) sembari dikelilingi oleh para kades.

Perlu diingat para Kades, sesuai undang-undang dan ketentuan, ‎kepala desa yang terlibat politik praktis dengan mendukung salah satu kandidat, melanggar pasal 70 Undang-Undang No 1 Tahun 2015 tentang Pilkada dan Peraturan KPU Pasal 66 Ayat 2 Huruf C tentang pilkada, yang ancamannya adalah pidana.
 
Larangan bagi kepala desa terlibat politik praktis juga diperkuat dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu.

Sementara bagi seorang ASN, adalah sesuatu yang "haram" terlibat dalam politik praktis. Hal ini berdasarkan surat edaran Menpan_RB nomor B/2355/M.PANRB/07/2015 yang merupakan penegasan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
 
Adapun sanksi yang diberikan sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yaitu PNS yang terlibat politik praktis dan/atau menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik akan dijatuhi hukuman berupa diberhentikan dengan tidak hormat.

Pertemuan ini diduga dilaksanakan di kediaman Cabub Aziz Zainal. Hingga berita ini diturunkan, kami belum berhasil mengkonfirmasi pihak-pihak terkait dalam poto ini. (ek)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »