Polresta Pekanbaru Lakukan Rekayasa Lalin Untuk Malam Pergantian Tahun

Polresta Pekanbaru Lakukan Rekayasa Lalin Untuk Malam Pergantian Tahun

RIAUTERBIT.COM - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru akan melakukan rekayasa lalu lintas (Lalin) di sejumlah ruas jalan protokol pada malam pergantian tahun di Ibu Kota Provinsi Riau tersebut.

"ini rencana kita berdasarkan evaluasi tahun lalu. Tahun sebelumnya ada penguncian arus Lalin yang berimbas ke seluruh kota," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Adi Wibowo di Pekanbaru, Jumat.

Ia menjelaskan rekayasa Lalin akan dilakukan di 11 titik yang dianggap rawan terjadi kemacetan saat tahun baru. Ke 11 titik tersebut diantaranya adalah penutupan dua "u-turn" atau jalur memutar di Jalan Jenderal Sudirman di sekitar kawasan MTQ Pekanbaru.

Selanjutnya pengalihan arus juga dilakukan di Jalan Sudirman ujung mengarah ke Bandara Sultan Syrif Kasim II Pekanbaru. Pengendara akan langsung diarahkan ke Jalan Kaharudin Nasution dan Adi Sucipto lanjut ke Rawa Mulia dan Arifin Achmad. Pengalihan arus juga dilakukan dari arah Selatan ke Utara.

Kemudian penutupan seluruh "u-turn" akan diberlakukan di Jalan Arifin Achmad dan langsung diarahkan ke Jalan Soekarno Hatta.

Pengalihan arus juga akan dilakukan di persimpangan Mall SKA. Sementara di Jalan Riau, petugas juga akan melakukan sejumlah pengalihan arus Lalin di sejumlah titik.

"Nanti di setiap titik yang dilakukan pengalihan arus akan ada polisi yang berjaga dan melakukan pengarahan," urainya.

Dia mengatakan secara keseluruhan terdapat 1.112 personel polresta Pekanbaru yang terlibat dalam pengamanan maupun pelayanan pada malam pergantian tahun besok.

Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Budi Setiawan menambahkan pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan, terutama di kawasan MTQ.

"Kita akan tempatkan water barrier di beberapa lokasi badan jalan yang dilarang parkir serta pengalihan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun," ujarnya.

Ia berharap kerjasama masyarakat Kota Pekanbaru untuk dapat mematuhi imbauan petugas demi menjaga kenyamanan dan kelancaran selama perayaan pergantian tahun mendatang.(ant)

Berita Lainnya

Index