PILKADA DKI JAKARTA

Anies: Jangan Anggap Bereskan Korupsi Itu Sekadar Bentak-bentak

Anies: Jangan Anggap Bereskan Korupsi Itu Sekadar Bentak-bentak

RIAUTERBIT.COM - Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, menyebut integritas sebagai kunci untuk memberantas korupsi di jajaran pemerintahan, termasuk di DKI Jakarta. Integritas itu harus dibangun melalui sistem, bukan hanya dengan bersikap galak dan tegas semata kepada anak buah.

"Dalam membangun integritas ini harus ada kerja sistem. Jangan anggap beresin korupsi itu sekadar bentak-bentak (anak buah) atau sekadar memastikan korupsi kecil-kecil hilang, tapi yang harus dibereskan adalah sistemnya," kata Anies saat memberi sambutan dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi di posko pemenangannya, Jalan Cicurug, Jakarta Pusat, Jumat (9/12/2016).

Anies mengungkapkan, sistem pemerintahan yang harus dibangun adalah sistem yang transparan. Jika dia memenangkan Pilkada DKI 2017, dia akan membangun sistem  yang akan memungkinkan publik melihat APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) di mana saja dan kapan saja.

Dia membayangkan, APBD dan LHKPN para pejabat di DKI Jakarta akan disebar ke kantor-kantor kelurahan dan ditempel di sana, sehingga masyarakat bisa melihat langsung. Menurut Anies, LHKPN para pejabat kini masih belum terbuka untuk umum.

"Jadi waktu saya di Kemendikbud, LHKPN saya dipajang semua. Jadi semua staf bisa lihat dan bisa dibandingkan. Dalam periode kepemimpinan kami, 100 persen pejabat di Kemendikbud melaporkan semua, dan itu saya kejar satu per satu. Kalau tidak lapor, saya kirimin email. Itu yang akan kami lakukan juga nanti," kata Anies.(dtc)

Berita Lainnya

Index