PJI Riau Sukses Selenggarakan HUT dan Pekan Wisata Riau

Dibaca: 4872 kali  Senin,05 Desember 2016
PJI Riau Sukses Selenggarakan HUT dan Pekan Wisata Riau
Ket Foto : Foto Bersama - Ketua DPW PJI Riau Khairudin Al-Young Riau dan Sekjend PJI Jimmy Irwin Rimba bersama peserta Seminar Nasional, Senin (5/12).

RIAUTERBIT.COM - Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Provinsi Riau menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) PJI Se-Indonesia untuk pertama kalinya dilaksanakan dengan sukses di Pekanbaru. Perayaan HUT PJI Se-Indonesia juga dirangkai dan dimeriahkan dengan Seminar Nasional dengan tema 'melalui Jurnalis Kita Angkat Potensi Wisata Riau Menyapa Dunia' serta dibarengi dengan kegiatan Pekan Wisata Riau yang insya Allah diadakan di Kampar sekaligus Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah PJI Kab. Kampar.

Acara HUT PJI Se-Indonesia dan Seminar Nasional di gelar di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI ) Provinsi Riau jalan Sudirman Pekanbaru (05/12) dari pagi hingga selesai sore hari. Turut hadir Sekjend DPP PJI Pusat, Jimmy Irwin Rimba, Penasehat DPP PJI Eko Djatmiko, Ketua DPW PJI Sumatera Utara H.M.Chaidir Lubis, Ketua PGRI Riau DR.H.Syahril,S.Pd,M.Pd, dr. Abdullah Qayyum, MM selaku Ketua Pembina DPW PJI Riau, DPD PJI Dumai, Inhil, Siak, Kampar, Meranti, perwakilan Bengkalis, PJI Pekanbaru, BEM Kampus, LSM Peduli SDM Provinsi Riau, perwakilan Forkomindo dan beberapa Pimum dan Pimred media massa dan online serta tamu undangan.

Ketua Panitia HUT dan Seminar, Rano Karyono mengucapkan puji syukur acara hari ini bisa berjalan dengan lancar, dari kemarin siang, Minggu (04/12) panitia sudah menerima tamu dari segala penjuru. "Alhamdulillah, karena acara tahun ini DPW PJI Riau menjadi Tuan Rumah, maka kami siapkan penginapan di rusunawa dan mess Pemko Dumai selama 3 hari dengan total 60 Kamar, karena acara ini berlangsung selama 2 hari, besok seluruh peserta akan mengikuti kegiatan Pekan Wisata Riau ke candi Muara Takus," ungkap Rano.

Hal senada disampaikan Ketua DPW PJI Riau Khairuddin Al-Young Riau,S.HI,M.Ag didampingi Sekwil PJI Riau Muhammad Nasir, ST mengatakan dalam sambutannya, "Acara HUT PJI Se-Indonesia ini merupakan acara yang besar dan luar biasa bagi kami penyelenggara event nasional ini, ditengah Pemerintah Provinsi Riau menjadi tuan rumah acara Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI), kami PJI Riau juga melakukan kegiatan yang sama.

Selain merayakan HUT PJI, Seminar Nasional diselenggarakan, juga ditujukan untuk menaikkan potensi Wisata Riau, sehingga masyarakat luar mengetahui dan datang ke Negeri Lancang Kuning Provinsi Riau menikmati SDA yang ada khususnya di sektor pariwisata. Jadi seminar yang diselenggarakan ini untuk menambah referensi jurnalis dalam memberitakan potensi Wisata yang ada di Riau serta bertujuan untuk merekomendasi kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota dalam langkah menaikkan jumlah wisatawan dalam ekspos pemberitaan," ujar Tokoh Muda Riau.

Dalam Seminar Nasional tentang potensi wisata Riau disuguhkan narasumber yang berkompenten, antara lain di isi Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal,ST,MM, Sekum DPP PJI Jimmy Irwin Rimba, Ketua DPW PJI Riau Khairuddin Al-Young Riau, Ketua PGRI Riau Dr. Syahril, dan Ketua DPW PJI Sumut H.M.Chaidir.

Sementara dalam arahan dan sambutan Ketua Umum DPP PJI Basynursyah, P.Si, MM mengapresiasi kegiatan ini.
"Kami DPP mengamati Riau sebagai Tuan Rumah atas pimpinan bung Khairuddin Al-Young Riau ini kami nilai acara HUT PJI Se-Indonesia dan seminar Nasional ini terselenggara dengan baik dan sukses," ungkap Pimum mediasindo itu.

Sementara, dalam pemaparan narasumber utama seperti Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau Fahmizal memaparkan potensi wisata Riau ya dikeliling 4 sungai besar. "Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa provinsi Riau ini sangat kaya akan potensi wisata, Riau yang di kelilingi sungai besar memiliki Objek wisata alam yang tidak jauh berbeda dengan dearah lain.

Selain itu Riau kaya akan wisata religi, seperti aliran sungai rokan terkenal dengan kentalnya suluk dan begitu ramai wisatawan mengunjungi Mesjid Center Pasir Pangarian, di aliran sungai siak terdapat kerajaan siak yang dipimpin oleh Sultan Syarif Kasim II dimana jika kita lihat dari sejarah budaya, kerajaan ini telah menyumbangkan harta kekayaannya untuk kemerdekaan RI saat itu, dan ini jelas merupakan wisata heritage yang ada di aliran sungai besar Siak," ucap Fahmizal dalam Seminar.

Fahhmizal menambahkan, "Untuk mengembangkan potensi wisata di Riau dibutuhkan penta helix atau lima pondasi, diantaranya Peranan pemerintah, Akademisi, Bisnis, Komunikasi, dan Media. Bicara media dan komunikasi tentu punya peranan untuk bisa mengangkat pemberitaan wisata Riau, selain itu merupakan komunitas atau organisasi jurnalis yang bisa memberitakan informasi wisata. Harapannya PJI harus terlibat dalam penulisan dan bisa jelaskan secara detail objek salah satu wisata yang ada di Riau," tutup Fahmi mengakhiri.(*)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »