Bupati Kuansing Desak Dinas BMSDA Segera Perbaiki Tebing Longsor

Dibaca: 10634 kali  Rabu,30 November 2016
Bupati Kuansing Desak Dinas BMSDA Segera Perbaiki Tebing Longsor
Ket Foto : Ilustrasi

RIAUTERBIT.COM - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau meminta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) memperbaiki tebing longsor di tepian Sungai Kuantan agar tidak semakin meluas.

"Saya meminta BMSDA melakukan normalisasi tepian Kuantan," kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Rabu.

Bupati mengatakan, setelah melakukan peninjauan langsung kelokasi, kondisi tepian sungai rawan, oleh karena itu pihan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) secepatnya melakukan antisipasi agar lonsor tidak merambah ke lokasi lain.

BMSDA dapat membuat program untuk pembangunan turap irigasi sebgai penahan tebing runtuh khususnya di bibir sungai sehingga kondisinya membaik dan lalu lintas masyarakat tidak terganggu.

" Ini perlu antisipasi secepatnya, agar ekonomi masyarakat tidak terganggu," sebut Bupati.

Bupati menyebutkan, tentu butuh biaya cukup besar, karena panjang tepian yang harus di turap diperkirakan mencapai 209 meter, oleh sebab itu, langkah awal yang harus dilaksanakan adalah melakukan normalisasi kawasan sungai ini.

Wakil Bupati Kuansing Halim merespon positip dan mendukung penuh apa yang disampaikan Bupati Mursini, karena untuk membangun daerah dimulai dari semua sisi.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Aswan mengatakan, akan secepatnya di lakukan apa yang menjadi arahan Bupati karena berkaitan dengan kepentingan umum.

" kami secepatnya menurunkan alat berat untuk bekerja," tegas Aswan.

Menurunya, kegiatan normalisasi dan membuat jalan alternatif selama proses itu agar jalan itu tidak terputus, sedang untuk penanganan lebih lanjut, akan dianggarkan pada APBD tahun 2017 mendatang.

" longsor terjadi pada 2 titik dengan panjang masing - masing sepanjang lebih kurang 30 meter dan 70 meter," urainya.  (ant)
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »