Masih Dalam Tahap Uji Coba, Gas Kota Di Pekanbaru Gratis

Masih Dalam Tahap Uji Coba, Gas Kota Di Pekanbaru Gratis

RIAUTERBIT.COM - Anak perusahaan Badan Usaha Milik Daerah Kota Pekanbaru PT Energi Madani selaku operator pengelolaan gas kota, masih menggratiskan pemakaian bahan bakar tersebut bagi warga di Kecamatan Limapuluh.

"Kami belum pungut bayaran karena belum semua efektif," kata Direktur PT Energi Madani Pekanbaru, Heri Susanto di Pekanbaru, Sabtu.

Heri menjelaskan saat ini pemakaian gas kota yang mengaliri rumah tangga di Kecamatan Limapuluh masih dalam taraf uji coba.

"Rencana pemungutan pembayaran baru dimulai Desember 2016," terangnya.

Menurut dia pascadiluncurkan penggunaan gas kota di Kecamatan Limapuluh 13 Oktober lalu masih belum dilakukan pengaliran secara merata ke rumah tangga.

Karena masih butuh waktu karena ada penyesuaian alat dari selang gas ke kompor milik masyarakat.

"Kami baru akan lakukan pencatatan pemakaian meteran 1-15 Desember, demikian seterusnya setiap bulan," tegas Heri.

Untuk sistem pembayaran nantinya ia menambahkan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada rumah tangga pengguna.

"Jadi nanti bayarnya ke bank BNI, Dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pertamina Gas Niaga," katanya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan PT Pertagas Niaga selaku pemenang tender pembagunan jaringan gas kota di Kota Pekanbaru, mengalirkan gas ke rumah tangga yang berada di Kecamatan Limapuluh setempat pada 13 Oktober 2016.

"Saat ini sektor I di Kecamatan Limapuluh sudah selesai kami uji coba jaringan pipanya dan siap dialiri gas," kata Manager City Gas PT Pertagas Niaga Virani Yusita Sari saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Menurut Virani pada tanggal 13 Oktober nanti gas kota sudah bisa langsung mengalir ke rumah tangga yang sudah dipasangi jaringan pipa selama ini.

"Kami akan buka satu sektor dulu di mana terdapat 200-300 rumah tangga," imbuhnya.

Ia menambahkan seiring waktu sisa 10 sektor lagi akan dialiri hingga tuntas selesai prosesnya sebelum akhir tahun.

Perlu diketahui PT Pertagas Niaga selaku anak perusahaan Pertamina pada bulan Juli 2016 telah selesai membangun sebanyak 3.713 sambungan pipa gas kota di Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Pembangunan jaringan pipa gas kota dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 dengan nilai Rp70 miliar.(ant)

 

Berita Lainnya

Index