Gubri Hadiri Rapat Persiapan Hari Antikorupsi Internasional di Pekanbaru

Dibaca: 5554 kali  Jumat,04 November 2016
Gubri Hadiri Rapat Persiapan Hari Antikorupsi Internasional di Pekanbaru
Ket Foto : Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman

RIAUTERBIT.COM - Festival Hari Antikorupsi Internasional mengusung tema "Ayo Riau Bergerak Untuk Indonesia Tangguh" yang digelar di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Desember 2016 mendatang.

"Festival Antikorupsi di Riau melibatkan semua pihak, menjangkau seluruh elemen masyarakat. Kita koordinasikan agar penyelenggaraannya akuntabel dan transparasi," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman usai Rapat Persiapan Hari Antikorupsi Internasional di Pekanbaru, Jumat (4/11).

Peringatan HAKI dikatakan Andi Rachman, menjadi sebuah momentum  penting bagi kawasan itu dalam perbaikan penyelenggaraan birokrasi bebas dari praktik korupsi.

Apalagi, Riau menjadi salah satu provinsi yang masuk dalam pengawasan intensif serta binaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Upaya pencegahan dilakukan diberbagai sektor yang rawan terjadinya praktik korupsi mengingat kawasan setempat merupakan penghasil migas dan perkebunan terbesar.

Dia mengatakan, Ayo Riau Bergerak Menuju Indonesia Tangguh dinilai menjadi jargon yang tepat untuk pergerakan menuju perubahan agar Bumi Melayu lepas dari belenggu budaya korupsi.

Dengannya digelarnya Festival tersebut, kata Andi, diharapkan dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat tidak hanya pemerintah daerah, namun juga swasta, komunitas, akademisi serta masyarakat Riau.

Sejumlah persiapan telah dikoordinasikan dibawah Komondo Gubernur Riau, pasalnya iven ini terselenggara secara nasional dengan melibatkan 34 Provinsi di Indonesia.

"Kita dengar Gubernur Jawa Tengah akan membawa kesenian mereka, begitu juga provinsi lain akan menampilkan budaya masing-masing daerah," ujar Andi Rachman.

Selain itu yang tidak kalah menariknya, pada Peringatan HAKI juga dibangun Tugu Anti Korupsi serta Taman Tunjuk Ajar Integritas Melayu yang berlokasi di depan rumah dinas Walikota Pekanbaru, Jalan Ahmad Yani.

" Pembangunan Taman Tunjuk Ajar Integritas Melayu menurut laporan Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Sumber Daya Air Riau baru terealisasi 52 persen dan ini terus digesa sampai akhir tahun," kata Andi Rachman.

Acara ini terselenggara bersamaan dengan Hari Rembuk Integritas Nasional," tuturnya pula.


Oleh: Diana Syafni

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »