KPU Tetapkan Empat Paslon Lolos di Pilwako Pekanbaru, Ide-Sua Dinyatakan Gagal

KPU Tetapkan Empat Paslon Lolos di Pilwako Pekanbaru, Ide-Sua Dinyatakan Gagal
Penetapan Paslon, Kantor KPU Pekanbaru Dijaga Ketat

RIAUTERBIT.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru, Senin (24/10/2016) menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru yang akan bertarung di Pilkada 2017 mendatang.

Dalam sidang pleno yang dipimpin Ketua KPU Amiruddin Sijaya, ditetapkan empat pasangan calon yang bakal bertarung di Pilkada nanti yakni Firdaus-Ayat Cahyadi (Petahana) Ramli Walid- Irvan Herman,Syahril-Said, Herman Nazar-Devi Warman.

Sementara Dastrayani Bibra (Ide) dan Said Usman Abdullah (SUA) gagal melanjutkan ketahapan pencalonannya di Pilkada tahun ini. Artinya, KPU tetap tidak menggubris rekomendasi Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Pekanbaru untuk meloloskan pasangan yang diusung PDIP dan PPP tersebut.

KPU tetap bersikukuh menggunakan hasil pemeriksaan tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad yang menyatakan Balon Wakil Walikota Said Usman Abdullah tidak menuhi syarat kesehatan.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah Komisioner KPU masih menggelar rapat tertutup menyikapi keputusan tersebut.

Kuasa Hukum Surati Panwaslu

Kuasa Hukum pasangan bakal calon Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah, Razman Arif Nasution menyesalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pekanbaru yang tidak meloloskan jagoan PDIP dan PPP tersebut.

Tim Kuasa hukum kata Razman, akan menempuh jalur hukum atau membawa permasalahan sengketa pencalonan pilkada ini ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

"Kita tentu menyesalkan, tapi kita juga menghargai  (keputusan KPU). Karena ada satu saluran, kami akan  membaut surat ke Panwaslu untuk segera ditindaklanjuti. Hari ini kita siapkan," ujarnya.

Razman berkeyakinan, Panswalsu akan meloloskan pasangan Ide-Sua di Pilwako ini. Ia menyebut, KPU bakal profesional dalam menindaklanjuti keputusan Panwaslu nantinya."Saya percaya KPU profesional dan akan menerima hingga pasangannya nanti lengkap," tuturnya. (alam)


Sumber;
halloriau.com
 

Berita Lainnya

Index