Pecahkan Rekor Muri, APJI Ciptakan 350 Makanan Berbahan Sagu

Dibaca: 4186 kali  Senin,24 Oktober 2016
Pecahkan Rekor Muri, APJI Ciptakan 350 Makanan Berbahan Sagu
Ket Foto : Panganan berbahan dasar sagu

RIAUTERBIT.COM - Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) terkait penganan berbahan dasar sagu terbanyak.

Ketua DPD APJI Provinsi Riau Afrinaldi di Pekanbaru, Senin, membeberkan kegiatan memecahkan rekor MURI tersebut diadakan di halaman Kantor Gubernur Riau pada Selasa (25) pagi.

"Kami berharap pemecahan rekor MURI berupa pembuatan 350 jenis makanan dan minuman berbahan dasar sagu ini, sukses. Dan dapat harumkan nama Riau," ucapnya.

Dia berujar, kegiatan tersebut mengambil tema "Sagu Riau Menyapa Dunia" yang terselenggara Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan APJI Riau.

Seperti diketahui, kini perkebunan sagu yang menjadi komoditas andalan di Meranti dari hasil penelitian merupakan varietas terbaik dengan produksi sekitar 276 ribu ton per tahun.

Selain untuk memenuhi kebutuhan sagu dalam negeri secara nasional, sagu dari Meranti juga baru telah tembus pasar di negara Asia Timur dan Asia Barat.

"Ini mungkin yang bisa kami perbuat dalam perkenalkan penganan hasil olahan dari sagu di sela-sela rakernas (rapat kerja nasional) kita. Mudah-mudahan diterima pasar," terang Afrinaldi.

Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir sebelumnya mengatakan, pihaknya masih memerlukan perhatian serius dari pemangku kepentingan terutama dalam pembiayaan dan berbagai hasil olahan sagu.

"Kami berharap pemerintah baik di provinsi dan pusat, agar dapat lebih perhatikan potensi sagu di Meranti ini," ungkapnya.

Pemkab Kepulauan Meranti, lanjutnya, dua tahun terakhir mulai rutin mengadakan pelaksanaan festival sagu dengan tujuan dapat meningkatkan ekonomi kreatif warga setempat.

Sebab, sagu di daerah tersebut telah menjadi sumber pangan pokok secara nasional, sehingga bisa melahirkan berbagai turunan dan kelak dapat memberikan nilai tambah.

"Ini bisa tingkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan warga tempatan. Tentu kami harapkan muncul terobosan dan mampu membuka peluang usaha," kata Irwan.(*)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »