Kapolda dan Kapolres Diminta Nyamar Turun ke Jalanan Bersihkan Aksi Pungli

Dibaca: 6390 kali  Rabu,19 Oktober 2016
Kapolda dan Kapolres Diminta Nyamar Turun ke Jalanan Bersihkan Aksi Pungli
Ket Foto : ILUSTRASI

RIAUTERBIT.COM- Apa yang dilakukan Kapolda Sumsel Irjend pol Djoko P, menyamar ke lapangan, untuk memberantas pungli di jalanan, patut dicontoh beberapa daerah di Indonesia. Terutama di Kota Pekanbaru. Sebab, hingga saat ini, pungli yang dilakukan oknum Polantas di Kota Bertuah ini, masih saja terjadi.

Karenanya, anggota Komisi I DPRD Pekanbaru Ida Yulita Susanti meminta, agar Kapolda Riau beserta jajaran, bisa melakukan hal yang sama. Termasuk juga Kapolresta, bisa membentuk tim yang independen, untuk membersihkan aksi pungli di jalanan tersebut.

"Agar benar-benar bersih, harus semua pihak saling bersinergi. Yang terpenting, Kapolda atau Kapolres harus melakukan ini, agar bisa menegak aturan. Bila warga memang melanggar, langsung ditilang saja. Jangan ada minta-minta sejumlah uang. Itu yang harus ditegaskan ke anggota yang sedang bertugas," kata Ida, Rabu (19/10/2016) kepada wartawan .

Kepada masyarakat, tambah politisi Golkar ini, diminta tidak membiasakan memberi uang kepada petugas. Apalagi posisinya bersalah, karena melanggar lalulintas. Hal ini harus dilakukan, agar aturan di negara ini, berjalan on the track.

Diakuinya, aksi pungli tersebut bisa habis, apabila SDM dan mental para petugas, masyarakat sama-sama mengerti, tentang peraturan yang berlaku. "Apapun bentuknya, harus sama-sama saling menyadari keberadaannya. Petugas sendiri kita minta, tidak dalam posisi mencari-cari kesalahan masyarakat pengendara," pintanya. (*)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »