Warga Keluhkan Sampah Menumpuk di Jalan Riau Bikin Kumuh

Warga Keluhkan Sampah Menumpuk di Jalan Riau Bikin Kumuh
Kondisi Jalan Riau ujung yang kini berubah menjadi tempat pembuangan sampah liar

RIAUTERBIT.COM – Sejumlah warga Kota Pekanbaru mengeluhkan kondisi Jalan Riau ujung yang kini berubah menjadi tempat pembuangan sampah liar karena menimbulkan aroma busuk dan mengganggu lingkungan.

Berdasarkan pengamatan di Jl. Riau ujung, Selasa (18/10), sampah terlihat menumpuk tak jauh dari Tugu Menabung. Warga setempat mengatakan, mayoritas orang yang membuang sampah bukan warga yang berdomisili di tempat itu. Orang tak bertanggung jawab itu kerap membuang sampah pada saat pagi ataupun malam hari.

Menurut Hartati (42), pedagang di Jalan Riau ujung, bahwa volume sampah ditepi jalan tersebut dari hari ke harinya semakin bertambah dan semuanya merupakan sampah rumah tangga sehingga menimbulkan bau busuk menyengat.
 
"Kami yang mencari rezeki disini yang menjadi korbannya. Kami harus menerima bau yang tak sedap ini setiap harinya. Sehingga kadang pembelipun susah untuk mampir ditempat kami ini, " kata Hartati yang berprofesi menjual makanan.

Ia menilai pemerintah daerah setempat gagal mengatasi masalah sampah sehingga warga yang tak bertanggung jawab bisa bebas mengotori lingkungan tanpa dikenakan sanksi.

Sementara itu, seorang petugas kebersihan Ilyas (50), mengaku kewalahan karena banyaknya sampah di Jl. Riau ujung. "Dari hari ke hari volumenya semakin bertambah, sehingga sampah ini sampai keruas jalan, dan mengandung aroma tidak enak jika melintasi jalan Riau ujung ini," ujarnya.

Menurut salah sorang pengandara, Budi (34), mengatakan sangat terganggu saat melintasi jalan itu karena aroma dari sampah di pembuangan sampah liar itu. Menurut dia, kurangnya kesadaran dari sebagian masyarakat di Pekanbaru terhadap kebersihan lingkungan telah menyuburkan kebiasaan membuang sampah sembarangan.

"Masyarakat sekitar harus sadar akan kebersihan. Masyarakat tidak (bisa) seenaknya saja membuang sampah sembarangan. Sampah ini juga harus dibuang pada tempatnya, seperti di tempat-tempat yang jauh dari masyarakat," ujar Budi.(ant)

Oleh Ervan :
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau

Berita Lainnya

Index