Polres Kampar Imbau Masyarakat Waspadai Isu Negatif Jelang Pilkada

Dibaca: 7714 kali  Senin,17 Oktober 2016
Polres Kampar Imbau Masyarakat Waspadai Isu Negatif Jelang Pilkada
Ket Foto : Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi

RIAUTERBIT.COM- Kepolisian Resor Kampar, Provinsi Riau, mengantisipasi provokasi dan penyebaran isu menyesatkan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkasa) serentak 2017.

"Saya benar-benar mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah termakan provokasi dan isu-isu menyesatkan menjelang Pilkada. Mari bersama kita ciptakan suasana damai," kata Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi di Pekanbaru, Senin (17/10).

Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut dapat dilakukan dengan menyelaraskan pikiran dan tujuan, yakni Pilkada aman dan damai.

Untuk itu, Edy dihadapan ratusan masyarakat bersama perangkat pemerintah Kabupaten Kampar dan jajaran Kodim 0313 Kampar berinisiasi membentuk Forum Pilkada Damai 2017.

"Forum Pilkada Damai ini merupakan upaya bersama untuk mewujudkan terselenggaranya seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Kampar tahun 2017 dengan aman dan lancar," katanya.

Edy menambahkan, Polri memiliki peran penting guna mewujudkan situasi yang damai dalam bentuk pengamanan dan pengawalan setiap tahapan Pilkada. Selain itu, Polri juga berperan dalam penegakkan hukum bersama Sentra Gakkumdu untuk menangani setiap pelanggaran.

"Untuk itu, kami bersama dengan pihak keamanan lainnya termasuk penyelenggara Pilkada memerlukan dukungan berbagai elemen untuk mewujudkan Pilkada yang damai dengan membentuk Forum ini," katanya.

Edy memaparkan sejumlah langkah yang perlu diambil oleh Forum ini, seperti meningkatkan peran Humas dalam sosialisasi hingga menghasilkan pemberitaan yang akurat dan menyejukkan.

Upaya itu tentu saja untuk menghindari adanya aksi provokasi oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan menciptakan paham atau isu yang sesat.

Hingga pendaftaran ditutup, enam pasangan bakal calon mendaftar untuk mengikuti Pilkada Kampar masing-masing tiga dari jalur perseorangan dan partai politik. Dari calon perseorangan ada Rahmat Jevary Juniardo yang berpasangan dengan Khairuddin Siregar, Jawahir-Bardansyah dan Alfsyahri-Aswin Wibowo.

Sedangkan dari jalur parpol ada Muhammad Amin-Muhammad Saleh diusung Partai Demokrat dan Hati Nurani Rakyat. Lalu Zulher-Dasril Affandi diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Amanat Nasional dan PKPI.

Aziz Zaenal-Catur Sugeng Susanto mendapatkan dukungan dari enam partai diantaranya Partai Golongan Karya, Partai Persatuan Pembangunan, Nasional Demokrat, Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa. (ant)
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »