Jemaah Haji Siak Dijadwalkan Tiba Di Indonesia Pada 25 September

Jemaah Haji Siak Dijadwalkan Tiba Di Indonesia Pada 25 September
180 jamaah haji asal daerah setempat akan dijadwalkan tiba di tanah air pada tanggal 25 September 2016 melalui Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

RIAUTERBIT.COM - Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Siak menginformasikan bahwa 180 jamaah haji asal daerah setempat akan dijadwalkan tiba di tanah air pada tanggal 25 September 2016 melalui Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

"Jamaah haji kita yang berangkat pada kloter 8 berjumlah 450 orang, terdiri 180 jamaah Kabupaten Siak dan 270 orang jemaah haji Kabupaten Pelalawan sampai di Batam hari Minggu (25/9)," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Siak Muhiyarudin Matondang di Siak, Selasa.

Dia mengatakan, untuk penyambutan jemaah haji masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Bupati Siak Syamsuar akan menyambut langsung di bandara internasional Batam. Kemudian berangkat ke Kabupaten Siak keesokan harinya melalui jalur transportasi laut kapal Feri menuju pelabuhan Tanjung Buton, Siak pada Senin (26/9).

"Keesokan harinya akan bertolak menuju Kabupaten Siak melalui jalur laut dan sampai di Pelabuhan Tanjung Buton kira-kira pukul 12.00 WIB. Disambut langsung oleh panitia penyambutan jamaah haji. Selanjutnya akan diantar oleh kendaraan Pemda ke kecamatan-kecamatan bersama barang bawaan," sambungnya.

Dia menyampaikan, pada tahun ini akan ada sedikit perbedaan yakni pihak keluarga tidak diperbolehkan menjemput langsung ke bandara Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Cukup menunggu di Pelabuhan Tanjung Buton dan akan ada juga batasan anggota yang boleh masuk ke kapal.

Sebagai informasi, Kemenag Provinsi Riau menyebut, tahun ini sebanyak 4.081 orang calhaj diberangkatkan ke Tanah Suci dalam 10 kloter dengan Embarkasi Batam terdiri 4.008 calhaj dari 12 kabupaten/kota.

Lalu 45 orang tercatat sebagai petugas kloter dan 28 orang lain sebagai tim petugas haji yang berasal daerah masing-masing untuk sembilan kloter.

Embarkasi Batam tahun 2016 total memberangkatkan 8.811 orang calhaj dan 100 orang petugas kloter berasal dari empat provinsi yaitu Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Tercatat 795 calhaj Kepri tergabung dalam Kloter 1 dan 15, lalu 4.036 calhaj Riau tergabung dalam Kloter 2 hingga 10, kemudian 1.872 calhaj Kalimantan Barat tergabung pada Kloter 11 sampai 15 dan 2.108 calhaj Jambi tergabung pada Kloter 16 hingga 20. (ant)
 

Berita Lainnya

Index