Kuat Dugaan

Andi Rachman Belum Iklas Septina Jadi Ketua DPRD Riau

Andi Rachman Belum Iklas Septina Jadi Ketua DPRD Riau
Septina Primawati Rusli

RIAUTERBIT.COM - Bisik-bisik soal politik DPRD Riau, diduga Andi Rachman ketua Golkar Riau masih belum ikhlas atas di tunjuknya septina sebagai ketua DPRD Riau oleh DPP Golkar. 

 
Operasi menjegal Septina duduk dikursi pimpinan wakil rakyat masih terasa hingga hari ini. Walau ditetapkan Golkar namun Septina masih belum dilantik berbulan-bulan pasca penerbitan SK Golkar. 
 
Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau menyebutkan proses penerbitan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengenai penetapan Septina Primawati Rusli  sebagai Ketua DPRD setempat masih menunggu kelengkapan berkas administrasi dari partai pengusungnya, Golongan Karya (Golkar).
 
"Mengenai berkas memang ada yang pelu dilengkapi. Ini menyangkut internal partai, ada satu berkas yang perlu penguatan sehingga perlu dilegalisir oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Rahima Erna di Gedung Lancang Kuning, Kota Pekanbaru, Jumat. 
 
Rahima menegaskan, sebelumnya berkas persyaratan yang dimasukkan  melalui unit layanan administrasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, sudah didiskusikan dengan sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.
 
"Bertemu langsung dengan Sekretaris Ditjen Otda, kita berdiskusi, secara aturan PP verifikasi sudah final, hanya satu berkas ini yang kita masih menunggu," sebutnya. 
 
Namun Rahima menampik, bahwa dokumen penetapan pengajuan Ketua DPRD Riau yang telah dimasukkan beberapa waktu lalu dikembalikan oleh pihak Kemendagri RI. 
 
"Informasi yang berkembang bahwa ada pengembalian dari Kemendagri, sampai saat ini belum ada dikembalikan ," tuturnya. 
 
Meski begitu, Rahima meminta kepada pihak partai pengusung untuk segera melengkapi berkas persyaratan agar dapat diproses. 
 
"Saya minta kepada partai prngusung hari ini dilengapi agar bisa diserahkan ke Kemendagri," kata Rahima. 
 
Sebelumnya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang juga selaku Ketua DPD I Golkar Riau saat dikonfirmasi, mengaku tidak tahu mengenai persoalan dokumen tersebut. "Saya tidak tahu, coba dikonfirmasi ke Rahima," tegasnya. 
 
Septina Primawati Rusli yang merupakan istri mantan gubernur Riau, Rusli Zainal resmi ditunjuk sebagai Ketua DPRD Riau setelah keluarnya SK dari DPP Golkar. Sebelumnya kursi Ketua DPRD Riau ditinggalkan oleh Suparman yang mundur karena mengikuti Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Rokan Hulu tahun 2015. (ant)

 

Berita Lainnya

Index