Ingatkan PPK dan PPS Serius Lakukan Verifikasi

Ketua Panwascam Siak Hulu Turun Langsung Kawal Proses Verifikasi Faktual

Dibaca: 14243 kali  Selasa,30 Agustus 2016
Ketua Panwascam Siak Hulu Turun Langsung Kawal Proses Verifikasi Faktual
Ket Foto : Panwas Kecamatan Siak Hulu saat melakukan monitoring di Sekretariat PPS desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu.

RIAUTERBIT.COM - Untuk memastikan proses verifikasi faktual dukungan calon perseorangan oleh KPU Kampar berjalan sesuai aturan, Panitia Pengawas Kecamatan di Kabupaten Kampar hingga hari ini terus melakukan pengawasan dan mengikuti gerak PPS mendatangi warga ke rumah-rumah.

Di Kecamatan Siak Hulu misalnya, Panitia Pengawas Kecamatan terus melakukan pengawasan ke desa-desa. Untuk diketahui, kecamatan Siak Hulu adalah salah satu kecamatan yang cukup banyak memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Diungkapkan Ketua Panwas Kecamatan Siak Hulu Alamsah, SH, untuk menjalankan tugas dan kewajiban pengawasan, saat ini mereka terus turun ke desa-desa mengawasi PPS guna memastikan tahapan verifikasi berjalan sebagaimana yang sudah ditugaskan kepada petugas PPS.

“Sampai hari ini kami terus mengawasi PPS turun ke desa-desa, memastikan apakah PPS benar-benar turun apa tidak, lebih dari itu Panwascam Siak Hulu tidak akan segan-segan memberikan peringatan kepada PPS jika terindikasi tidak netral dalam melakukan verifikasi faktual ini”, ujar Alamsah.

Ditambahkan Ketua Panwascam Siak Hulu, ia mengharapkan agar PPK dan PPS tetap serius dan netral dalam melakukan verifikasi faktual. Alamsah memberi gambaran bahwa setiap gerak PPK dan PPS terus terpantau oleh Panwas, baik Panwas Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten.

“Kemarin kami sudah dengar langsung di Televisi, PPK Siak Hulu sendiri juga mengatakan cukup banyak menemukan, KTP nya ada dalam berkas dukungan, namun orang yang bersangkutan tidak tahu, dan itu akan kami minta”, tutup Alamsah mengakhiri.

Untuk diketahui, tahapan verifikasi faktual telah dimulai sejak 24 Agustus dan berakhir sampai dengan 6 September 2016.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kampar Martunus kepada wartawan, meminta Panwaslukada Kabupaten Kampar dan Panwascam se Kabupaten Kampar langsung turun kelapangan memantau kerja-kerja PPS di lapangan.

"Kita dari Panwaslu Kabupaten telah membagi-bagi wilayah kerja untuk melakukan pengawasan agar Verifikasi faktual ini berjalan dengan sebaiknya. Dan untuk Panwascam se Kabupaten Kampar, kita sudah instruksikan untuk turun ke lapangan mengawasi PPS melakukan tugasnya," jelasnya.(rik)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »