Inillah 6 Penyebab Umat Islam Mudah Dimurtadkan

Inillah 6 Penyebab Umat Islam Mudah Dimurtadkan
Insan Mokoginto

RIAUTERBIT.COM - Menurut ulama sekaligus penulis aktif buku-buku mengenai Kristologi, Insan Mokoginto, umat Islam yang tinggal di desa hingga pelosok lebih mudah dimurtadkan dibandingkan dengan yang tinggal di kota, karena beberapa faktor terutama kemiskinan.

“Banyak misionaris yang melakukan kristenisasi atau pemurtadan dibalik gerakan sosial seperti bantuan sembako hingga uang tunai. Sehingga masyarakat mudah dipengaruhi dan dibujuk untuk masuk kristen,” tuturnya beberapa waktu yang lalu dikutip dari laman Persisalamin.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan gerakan kristenisasi di Indonesia kian marak. Pada saat yang sama umat Islam banyak yang murtad; meninggalkan Islam dan berpindah menjadi nasrani. Berikut adalah diantara faktornya.

1. Kurangnya Pemahaman Agama

Faktor kurangnya pemahaman agama merupakan salah-satu sebab umat Islam terutama di pedesaan mudah dimurtadkan dibandingkan di kota. Pasalnya, akses informasi ditambah gerakan dakwah di pedesaan sangat kurang dibandingkan dengan di kota.

“Umat Islam mudah dimurtadkan karena kurangnya pemahaman agama yang diyakininya,” katanya.

2. Faktor Ekonomi

Selain itu, faktor ekonomi menjadi salah-satu yang menyebabkan umat Islam mudah dimurtadkan.

“Beda halnya jika umat Islam yang sejahtera cenderung sulit dipengaruhi atau digoyahkan terutama dengan bujukan materi,” ungkapnya.

3. Faktor Pendidikan

Faktor lainnya yaitu masih banyaknya masyarakat beragama Islam yang berpendidikan rendah dibandingkan yang berpendidikan tinggi terutama umat Islam yang tinggal di pedesaan.

4. Virus Pluralisme

Kemudian faktor lainnya yaitu masih banyak umat Islam yang menganggap semua agama dari agama Kristen, Katholik, Budha, dan agama lainnya adalah benar. Sehingga, dalam hal ini misionaris dengan sangat mudah mempengaruhi untuk masuk ke agama Kristen dengan alasan semua agama benar.

“Padahal hanya agama Islamlah yang benar dan yang akan membawa umatnya menuju surga jika sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW,” jelasnya.
 
5. Menganggap Semua Kitab Suci Benar

Selanjutnya, faktor pandangan bahwa jika semua kitab suci benar menjadi salah-satu faktor umat Islam yang menganggap hal ini mudah dimurtadkan dengan propaganda antar kitab suci mana yang lebih benar.

6.Banyaknya Upaya Mendiskreditkan Islam

Faktor yang tidak kalah hebat adalah propaganda dari misionaris hingga kelompok anti Islam yang membentuk opini bahwa teroris, poligami, hingga leluhur merupakan dari  ajaran Islam.

“Sehingga membuat umat Islam yang tidak kritis mempercayai propaganda tersebut dan keluarlah umat Islam dari keislamannya,” terangnya.

Hal-hal itulah yang menjadi faktor mengapa umat Islam sangat mudah dimurtadkan terutama umat Islam yang berada di pedesaan. Untuk itu, perlu diwaspadai dan menjadi pekerjaan rumah para ulama untuk lebih masif lagi melakukan dakwah bukan saja pada tataran soal ibadah tetapi aspek sosial atau muamalah pun perlu ditingkatkan. [syahid/voa-islam.com]

Berita Lainnya

Index