Optimalisasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Arsyadjuliandi Rachman : pelayanan satu tersebut merupakan pelayanan prima untuk masyarakat

Arsyadjuliandi Rachman : pelayanan satu tersebut merupakan pelayanan prima untuk masyarakat
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman

RIAUTERBIT.COM-Pemerintah Provinsi (pemprov) Riau terus gesah penerapan pelayanan satu pintu di seluruh intansi pemrintahan Riau. Selain progran pemberian pelayanan maksimal, pelayanan satu pintu merupakan program keterbukaan publik yang diterapkan pemerintah Indonesia saat ini.

Menurut gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, pelayanan satu tersebut merupakan pelayanan prima untuk masyarakat. Dimana Pemprov Riau telah menerapkan diseluruh intasi lingkungan Pemprov Riau, seperti Dinas perizinan dan Dinas pendidikan yang merupakan intansi pelayan yang sangat dibutuhkan dan berhubungan lansung dengan masyarakat.

Pelayanan  satu pintu dimaksud, katanya, masyarakat akan dilayani oleh pejabat sesuai masing-masing bidang yang diubutuhkan masyarakat. Dimana disaat masyarakat membutuhkan pelayanan akan dilayani lansung oleh pejabat bersangkutan. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan keterang sesuai urusan dimaksud.

“Contohnya saja dalam pengurusan izin, maka masyarakat akan dilayani oleh pejabat bidang dan tidak perlu lagi urusan berbelit yang cukup satu orang,” kata Gunbernur Riau.

 

Hasil gambar untuk Optimalisasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Foto : Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mendampingi kunjungan Mendagri Tjahjo Kumolo di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Provinsi Riau.

Begitu juga yang ada di bidang penididikan, menurutnya di Dias pendidikan pelayanan harus dioptimalkan lagi. Karena masyarakat yang dilayani itu terkait perkembangan dan informasi dunia pendidikan. Sehingga jangan sampai ada kendala untuk masyarakat dalam menggali informasi.

“Semua harus terukur sesuai bidang masing-masih dalam menjalankan pelayanan satu pintu ini,” tutur Andi Rachman sapaan akrabnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, adapun tujuan dari optimalisasi satu pintu ini, juga untuk memberikan pelayanan yang sangat mudah dan transparan. Terutama para investor asing maupun lokal akan dapat merasakan kemudahannya dalam mengurus perizinan usaha sesuai dengan tagline Pemprov Riau menuju sistim teknolgi “RIAU GO IT”

Artinya Setiap pelaku usaha dapat memperoleh informasi mengenai prosedur, waktu, dan biaya secara online melalui website yang telah disediakan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) yaitu bp2t.riau.go.id. Para investor dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh perizinan dan non perizinan secara online melalui website tersebut

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dinilai efisien dan transparan selain memiliki keunggulan sangat cepat, mudah, transparan, bebas dari biaya tidak resmi, dan memiliki kepastian hukum serta pelayanannya yang profesional. Saat ini PTSP telah melayani berbagai macam investasi diantaranya Izin Penanaman Modal, Izin Usaha Perubahan, Izin usaha Perluasan.

Disisi lain, Kepala Badan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMT2T), Evarefita, SE,M.Si menyebutkan dalam hal pelayanan BPMT2T bertekad menjadikan Lembaga pelayanan perizinan yang prima. Terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan perizinan yang cepat, akurat dan akuntabel.

“Tidak hanya itu BP2T juga terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM) hal ini dalam rangka percepatan pelayanan perizinan dengan menggunakan teknologi secara online. serta meningkatkan penanganan pengaduan masyarakat terhadap pelanyanan,” Kata Evarefita

Dikatakannya Dalam melakukan pelayanan, BP2T Provinsi Riau memilki motto yang diharapkan dapat memberikan semangat kepada pemberi maupun penerima layanan. Motto pelayanan BP2T Provinsi Riau adalah “CERIA”. Secara Harfiah “ceria” memiliki arti cerah dan berseri-seri, maka diharapkan penerima layanan dan memberi layanan di BP2T Provinsi Riau akan merasakan layanan yang menyenangkan.”(Adv/hms)

Berita Lainnya

Index