Jangkau Masyarakat ke Pelosok Nusantara, Bank BTPN Luncurkan Program 'Laku Pandai'

Dibaca: 11118 kali  Selasa,23 Agustus 2016
Jangkau Masyarakat ke Pelosok Nusantara, Bank BTPN Luncurkan Program 'Laku Pandai'
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Laku Pandai, singkatan dari  Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif ini diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir Maret 2015 lalu. Acara diskusi ini menghadirkan dua pembicara yaitu Kepala Bagian Pengawasan Perbankan OJK Riau, Elvira Azwan dan Product and Customer Experience Head BTPN Wow, Achmad Nusjirwan Sugondo.

Kepala Bagian Pengawasan Perbankan OJK Riau, Elvira Azwan mengatakan survei global financial inclusion index 2014 menunjukkan hanya sekitar 36 persen jumlah orang dewasa di indonesia yang memiliki rekening di bank. "Laku Pandai ini merupakan terobosan dari OJK bagi industri perbankan untuk menjangkau masyarakat di seluruh pelosok Nusantara" ujarnya. Selasa, (23/8/16).

Masih kata Elvira, Laku Pandai diharapkan dapat meningkatkan penetrasi perbankan ke masyarakat yang belum masuk kedalam institusi keuangan formal. Namun, disaat yang sama beban operasional bank menjadi lebih efisien karena tidak perlu membangun infrastruktur berupa kantor cabang.

"Kita sangat apresiasi dengan bank BTPN yang ikut menyukseskan program kita yang bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya di daerah terpencil yang memang belum mengenal atau menggunakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya" jelas Elvira.

Laku Pandai ini menghadirkan produk layanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Seperti tabungan berkarakteristik Basic Saving Accounnt (BSA), asuransi mikro, dan sebaginya.

Sementara menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menghadirkan BTPN Wow yang merupakan layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa atau agen sebagai perpanjangan tangan bank. Ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

"BTPN Wow ini menjadi bagian dalam uji coba branchless banking yabg digagas BI pada 2013 lalu. Ini adalah langkah yang sangat penting karena proses dalam proses tersebut BTPN melihat cara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank" tutur Product and Customer Experience Head BTPN Wow, Achmad Nusjirwan Sugondo.

Ditambahknnya, Laku Pandai ialah konsep revolusioner yang dapat mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam perbankan. Tentunya BTPN sangat bangga karena dipercaya untuk menjadi salah satu pionir dalam inisiatif tersebut.

Dengan hadirnya BTPN Wow, kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, hingga setor uang melalui agen bank dengan biaya yang terjangkau. Bahkan juga sangat mudah, dimana masyarakat hanya dapat melakukan layanan transaksi tersebut dengan menggunakan jenis telepon genggam berbasis GSM bahkan dengan jaringan yang minimum.

"Target kita dalam layanan tersebut adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening di bank, tapi terbiasa menggunakan telepon seluler. Dengan dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat" ujar iwan

BTPN Wow juga terus diperluas jangkauannya dengan melajukan kerja sama dengan berbagai pihak. Seperti pada 18 April 2016 lalu, BTPN Wow menggandeng Telkomsel yaitu layanan TCASH dan BTPN Wow yang merupakan layanan keuangan terhubung pertama di Indonesia yang menghubungkan layanan mobile money TCASH serta rekening tabungan BTPN Wow. (rls)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »