Melihat Kota 1000 Jendela di Tenggara Benua Eropa

Dibaca: 8143 kali  Senin,08 Agustus 2016
Melihat Kota 1000 Jendela di Tenggara Benua Eropa
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM-Berat adalah nama sebuah kota yang bersejarah di Albania. Julukannya adalah Kota Seribu Jendela. Ada ceritanya kenapa dinamai demikian.

Albania merupakan salah satu negara Balkan yang berada di Eropa bagian tenggara. Negara ini berbatasan dengan Montenegro di sebelah utara dan Yunani di bagian selatannya. Albania pun memiliki satu destinasi wisata yang unik dan menarik, yang bernama Kota Berat.

Dari situs resmi pariwisata Albania, Senin (8/8/2016) Kota Berat sudah ada sejak 2000 tahun lalu. Hingga kini, kota yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO itu dihuni oleh sekitar 40 ribu orang.

Untuk menuju berat, traveler bisa naik mobil dari Tirana (ibukota negara Albania). Jaraknya hanya 120 km, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jalanannya naik turun bukit dan berliku-liku. Namun sesampainya di Berat, mata Anda akan terbelalak melihat rumah-rumahnya.

Rumah-rumah di Berat punya ciri khas. Berada di lereng gunung, rumah-rumahnya berdempetan, namun tetap terlihat rapi. Perhatikan lagi, satu rumah di sana bisa punya hingga 10 jendela. Maka Berat, diberi julukan Kota Seribu Jendela.

Mengapa rumah-rumah di sana punya banyak jendela? Ada banyak versinya, seperti karena berada di lereng gunung, dengan banyak jendela akan mudah keluar rumah jika terjadi longsor. Versi lain menyebutkan, dengan banyak jendela maka memudahkan orang-orang untuk melihat lanskap lembah, sungai dan pegunungan yang cantik.

Sejarah mencatat, rumah-rumah tersebut sudah ada sejak abad ke-11. Dua abad selanjutnya, Kesultanan Ottoman dari Turki menduduki kota ini. Pihak kesultanan tetap menjaga tiap rumah dan bagunan di sana, serta mendirikan masjid-masjid untuk umat Muslim yang datang.

Tiap rumah di Kota Berat, kebanyakan memiliki dua lantai. Lantai di bawah untuk menerima tamu, sedangkan lantai yang atas sebagai tempat tidur. Traveler yang datang pun bebas berfoto-foto, hingga masuk ke dalam rumahnya untuk berkenalan lebih dekat dengan penduduk Berat. (dtt)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »