Waspada, Pedagang Kuliner di Siak Jadi Korban Upal

Waspada, Pedagang Kuliner di Siak Jadi Korban Upal

RIAUTERBIT.COM-Raut wajah Winarsih (52) seketika berubah, setelah mengetahui dua lembar pecahan Rp50 ribu yang baru saja diterimanya dari pria mengendarai motor Yamaha RX King, agak berbeda dengan uang asli. Untuk memastikan kecurigaannya itu, Winarsih langsung memanggil Lina, anak semata wayangnya.

"Benar nih bu, ini memang uang palsu, dari mana ibu dapatnya" kata Lina, sembari mengusap-usap kedua uang palsu itu dan juga menerawangnya.

"Baru saja ada dua pasang muda-mudi yang makan di warung ibu, belanja mereka jumlahnya Rp94 ribu, saat sisa uangnya Rp6 ribu dikembalikan, dia tak mau terima. Langsung buru-buru naik motor dan pergi," jelas Winarsih, yang berjualan makanan di turap sungai Siak, di Siak Sri Indrapura.

Kepada wartawan Kamis (30/6/2016), Lina menceritakan kejadian yang menimpa orangtuanya, Rabu (29/6/2016) malam. Gadis berjilbab ini memperlihatkan dua lembar uang palsu pecahan Rp50 ribu yang diterima ibunya dari pria tersebut. Secara kasat mata, memang tak terlihat uang itu seperti palsu.

Namun, setelah diteliti ternyata uang di prin out menggunakan kertas jenis HVS yang licin. Potongannya juga tidak rapi, karena masih ada sisa kertas putih di sudut uang palsu. Bahkan, saat diterawang, tidak ada gambar pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

"Memang uang palsu, tapi saya belum melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. Rencana besok uang palsu ini mau diserahkan ke polisi" jelasnya. (grc)

Berita Lainnya

Index