Pelantikan Bupati Rohil dan Siak Dijadwalkan Bulan Puasa

Pelantikan Bupati Rohil dan Siak Dijadwalkan Bulan Puasa
Asisten I Sekretariat Daerah Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Masyarakat, Ahmadsyah Harrofie

RIAUTRBIT.COM - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terpilih, Suyatno dan Jamiluddin beserta pasangan dari Kabupaten Siak, Syamsuar dan  Alfedri dijadwalkan dilaksanakan bulan Ramadan.

"Selepas pelantikan kepala daerah Kuantan Singingi akan menyusul dua kepala daerah lagi yakni Rohil dan Siak,"kata Asisten I Sekretariat Daerah Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Masyarakat, Ahmadsyah Harrofie saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing di Pekanbaru, Rabu (1/6).

Dijelaskannya, jadwal pelantikan untuk Bupati dan Wakil Bupati Rohil dilaksanakan pada 8 Juni 2016, sedangkan Kepala Daerah Kabupaten Siak direncanakan 19 Juni 2106 atau 20 Juni 2016.

Pelantikan tersebut, kata dia, akan dilaksanakan di Gedung Daerah Kediaman Gubernur Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Karena pelantikan pada bulan puasa, jadi prosesinya disesuaikan saja," ujarnya menambahkan.

Sedangkan teknis pelantikan, lanjutnya, jumlah yang menghadiri pelantikan sudah  di perkirakan beserta pendukung yang hadir.

"Jika tidak muat di dalam, seperti tadi kita akan pasang layar televisi di luar dilengkapi tenda. sehingga masyarakat tetap dapat secara langsung melihat pelantikan," ujarnya.

Untuk mempersiapkan prosesi pelantikan Bupati Rohil yang dijadwalkan seminggu lagi. Ia mengatakan telah melakukan beberapa persiapan, serta pihaknya akan melaksanakan rapat Rabu (1/6).

Untuk diketahui, Kabupaten Rohil telah melangsungkan pemilukada pada 9 Desember 2015 dengan empat pasang calon yang diusung.

Dari empat pasangan tersebut pasangan nomor urut 2 Suyatno dan Jamiluddin (Sudin) berhasil unggul meraih perolehan suara di daerah setempat sedangkan saat ini Kepala daerah Rohil diisi oleh H.Suyatno sebagai Pj.Bupati dan wakilnya Erianda.

Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Provinsi Riau, Rahima Erna membenarkan kedua kabupaten tersebut telah menunggu proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.

"Ini sedang kita rapatkan, karena akhir masa Jabatan (AMJ) Rohil pada 8 Juni mendatang, maka kita laksanakan pelantikan bupati Rohil tersebut," kata dia.

Sedangkan Kabupaten Siak, kata dia, AMJ kepala daerahnya akan berakhir pada 19 Juni 2016 mendatang.

"Pada 19 Juni itu hari Minggu, maka kita koordinasikan rencanakan pelantikan pada Senin (20/06), karena hari Minggu tidak termasuk hari kerja," ujar Rahima.

Mengenai  kepastian pelantikan  tetap menunggu arahan dari Kementrian Dalam Negri (Kememdagri) juga Gubernur Riau. Karena pelantikan ini perlu disesuaikan dengan padatnya agenda kegiatan gubernur.(ant)

Berita Lainnya

Index