Rapat Paripurna DPRD Riau Penyampaian Hasil Kerja Pansus LKPJ

Dibaca: 6554 kali  Kamis,19 Mei 2016
Rapat Paripurna DPRD Riau Penyampaian Hasil Kerja Pansus LKPJ
Ket Foto : Pansus LKPJ kepala daerah Riau tahun 2015 DPRD Riau telah menyelesaikan tugasnya.

RIAUTERBIT.COM-Pansus LKPJ kepala daerah Riau tahun 2015 DPRD Riau telah menyelesaikan tugasnya. Hasil keja dan rekomendasi Pansus disampaikan dalam sebuah rapat paripurna.

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna, anggota DPRD Riau selenggarakan Rapat Paripurna DPRD Riau tentang Penyampaian Hasil Kerja Panitia Khusus (Pansus) sekaligus Rekomendasi LKPJ kepala daerah Riau tahun 2015 serta penetapan rekomendasi DPRD Riau dan pendapat akhir kepala daerah.

Dalam rekomendasinya, Pansus menilai pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau belum berhasil dalam pencapaian kinerja di tahun 2015 yang lalu.

"Dari telaah tim Pansus secara substantif, masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaan pembangunan daerah yang dapat digambarkan dari terjadinya ketidaksesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan," kata Yulisman, Juru bicara Pansus dalam paripurna, Kamis (19/05/16).

Selain itu, Pansus menilai adanya ketidaksesuaian antara program yang menjadi prioritas dengan realisasi program yang dilaksanakan oleh sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Juga implementasi program yang tidak sesuai dengan perencanaan awal (sebagaimana skala prioritas yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Provinsi Riau tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Riau Tahun 2014-2019).

"Hal itu menandakan masih terjadinya kegiatan yang tidak sesuai jadwal bahkan dengan tingkat penyerapan anggaran yang rendah. Hal ini diperkuat pula oleh adanya beberapa kegiatan yang tertunda (terbengkalai) pada SKPD yang tidak didasarkan pada kemampuan manajemen dan kemampuan teknis," jelasnya.

Efek dari semua itu, pelayanan yang diberikan kepada publik atau masyarakat luas tidak dapat memenuhi standar pelayanan minimum.

Lebih lanjut dikatakannya, DPRD Riau belum dapat memberikan apresiasi terhadap pemerintah daerah beserta jajarannya yang belum bekerja keras untuk mengimplementasikan visi dan misinya serta mencoba menghadapi berbagai kendala dan tantangan pembangunan, baik yang datang dari dalam maupun tekanan-tekanan eksternal perekonomian dunia.

"Dewan memberikan rekomendasi khusus kepada Pemprov Riau agar koordinasi pembangunan dengan kabupaten/kota harus lebih ditingkatkan, khususnya dalam pelaksanaan sharing program dan sharing budget agar implementasinya dapat berjalan baik. Termasuk program-program yang saling bersinergi antar daerah sehingga manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan rakyat semakin optimal," ucapnya.

Naskah rekomendasi DPRD Riau diserahkan Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo kepada Plt gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dengan harapan Pemprov Riau dapat menindaklanjuti rekomendasi dewan tersebut. (Adv)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »