Ini Kampung Digital UKM di Pekanbaru, Produk Gaharu dan Sialang

Ini Kampung Digital UKM di Pekanbaru, Produk Gaharu dan Sialang
Produk industri kreatifnya memiliki fasilitas daring

RIAUTERBIT.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, bekerjasama dengan PT. Telkom telah meluncurkan kampung Usaha Kecil Mikro (UKM) digital pertama atau suatu wilayah yang industri kreatifnya memiliki fasilitas daring dalam memajukan pemasaran produk industri kreatif.
        
"Ini kontribusi nyata pemerintah dan pelaku usaha dalam memberdayakan UKM," ucap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut, usai launching kampung UKM digital di Jl. Muhajirin gg. Guru blok 12, Kecamatan Senapelan Pekanbaru, Jumat (29/4).
        
Ingot mengatakan kampung UKM digital ini suatu kawasan khusus dimana masyarakatnya berada dalam pelayanan daring untuk setiap kegiatan.
        
Ini  merupakan jawaban tuntutan jaman, yang perlu didukung, karena akan memberikan peluang pemasaran dan memajukan UKM dibidang teknologi digital.
        
Menurutnya bisnis maju harus diiringi dengan kemampuan digital yang baik.
        
"Dengan kerja sama Telkom ini maka akan mendukung kemajuan produk UKM, karena aspek promosi pemasaran dan publikasi serta serapan pasar akan bisa dilakukan melalui digital sehingga menjangkau lebih luas,"tuturnya.
        
Kampung UKM digital ini sebut Ingot nantinya akan menjadi wadah bagi warga  yang menghasilkan produk kerajinan di Jl. Muhajirin gg. Guru blok 12, Pekanbaru, untuk saling belajar dan membangun kemandirian.  
   
"Produk UKM Gaharu dan Sialang kami lihat sudah bagus, dan pemasarannya akan lebih luas lagi jika mereka bisa memanfaatkan fasilitas digital ini," tambahnya.
        
Walau diakuinya selama ini Diskop Pekanbaru sudah melakukan berbagai upaya untuk membangun dan membesarkan perekonomian berbasis masyarakat kecil ini. Misalkan dengan melakukan pembinaan kelembagaan, permodalan dan pemasaran.
        
"Untuk kelembagaan kami sudah beri kemudahan izin bagi ukm dengan menerbitkan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) secara gratis," urainya lagi.
        
Sementara modal mereka sudah dihubungkan dengan berdirinya UEK-SP dimasing-masing Kelurahan dan dana CSR perusahaan. Serta pemasaran kini UKM mendapatkan fasilitas teknologi dari Telkom.
        
General Manager Telkom Riau Daratan Mohammad ¿Syibli, ditempat yang sama mengaku bahwa pemberian fasilitas teknologi bagi UKM ini merupakan program nasional untuk mendorong kemajuan industri kreatif.
        
Kerja sama ini menurutnya perlu dukungan berbagai elemen agar hasilnya maksimal, misalkan pelaku usaha, pemerintah,, UKM dan media.
        
"Dengan kampung digital UKM mendapat kemudahan, difasilitasi pelatihan manageman, IT dan marketing, mereka juga belajar bisnis dengan jaringan," tambahnya.(Ant)

Berita Lainnya

Index