Yusril: Kasihan Pak Rustam Dituding Ahok Bersekongkol dengan Saya

Yusril: Kasihan Pak Rustam Dituding Ahok Bersekongkol dengan Saya

RIAUTERBIT.COM - Rasa curiga Ahok terhadap Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi dengan menyebutnya bersekongkol dengan Yusril Ihza Mahendra sempat muncul gara-gara banjir di Jakarta Utara. Gubernur DKI Jakarta itu menuding Rustam demikian lantaran dia dianggap enggan segera menertibkan permukiman-permukiman yang menghalangi saluran air.

Yusril yang mendengar hal itu pun mengaku bersimpati dengan Rustam. Namun secara pribadi, Yusril mengaku tidak mengenal Rustam.

"Saya sangat bersimpati kepada Wali Kota Jakarta utara yang baru-baru ini dituding Pak Gubernur 'sekongkol' dengan saya dalam rencana pelaksanaan kebijakan penggusuran di Luar Batang," kata Yusril dalam rilisnya, Sabtu (23/3/2016).

"Saya tak mengenal Pak Rustam Effendi secara pribadi, bahkan tidak pernah ada kontak dengan beliau. Jadi tidaklah beralasan Pak Gubernur menuding Pak Wali Kota bersekongkol dengan saya," imbuhnya.

Yusril menyebut seharusnya Ahok lebih bijak dalam memperlakukan Rustam. Menurut Yusril, Ahok seharusnya menyadari Wali Kota tidak membuat kebijakan.

"Saya mengimbau agar Pak Ahok dapat bertindak lebih bijak kepada Pak Wali Kota, mengingat beliau adalah pejabat administratif bawahan gubernur, bukan Wali Kota yang berwenang membuat kebijakan. Karena itu, jika memang gubernur punya kebijakan lakukan penggusuran, maka sebaiknya gubernur buat surat keputusan, atau paling tidak surat perintah pembongkaran. Dengan demikian, posisi wali kota dan camat tidak terpojok jika berhadapan dengan warga karena mereka hanya pejabat pelaksana belaka," ucapnya.

"Dengan cara itu pula, Gubernur DKI akan terlihat gagah di mata rakyat karena berani keluarkan perintah penggusuran, bukan membuat wali kota dan camat serba salah berhadapan dengan warga, apalagi sampai dituding sekongkol dengan bakal calon gubernur. Kasihan wali kota dan camat," ulas Yusril yang hendak maju ke Pilgub DKI 2017 itu.(dtc)

Berita Lainnya

Index