Kemendagri Akan Putuskan Nasib Pelantikan Suparman Senin Nanti

Kemendagri Akan Putuskan Nasib Pelantikan Suparman Senin Nanti

RIAUTERBIT.COM-Meskipun Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Soni Soemarsono mengatakan bahwa dilantik tidaknya Suparman menjadi Bupati Rokan Hulu tergantung Plt Gubri. Namun, ternyata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, hingga saat ini masih terus melakukan koordinasi sehingga putusan finalnya pada Senin depan.

"Sebagai tersangka harus berkonsentrasi pada pembelaan kasusnya. Jadi Senin depan akan ada putusan Kemendagri (Dilantik tidaknya Suparman)" ungkap Tjahjo kepada wartawan Jumat, 15 April 2016.

Meskipun demikian, Politisi PDIP itu mengatakan pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah sebelum ada keputusan hukum yang berkekuatan tetap. Namun, lanjutnya, dari segi moral dan kepatutan tentu menjadi polemik di masyarakat.

"Walau sebagai tersangka kita tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah, sebelum keputusan hukum tetap. Tapi dari segi kepatutan pasti dipertanyakan masyarakat luas" tuturnya.

Mantan Sekjen PDIP itu juga menyarankan Suparman berkonsentrasi menghadapi kasus hukum yang menjeratnya sebagai tersangka kasus suap APBD Riau.

"Sebagai tersangka sebaiknya (Suparman) konsentrasi dalam pembelaan di pengadilan saja daripada memimpin daerah tapi tidak fokus karena statusnya" tutupnya. (rtc)

Berita Lainnya

Index