Masjid Paripurna Sarana Tingkatkan Perekonomian Umat Pekanbaru

Dibaca: 8238 kali  Minggu,13 Maret 2016
Masjid Paripurna Sarana Tingkatkan Perekonomian Umat Pekanbaru
Ket Foto : Masjid Paripurna

RIAUTERBIT.COM-Hadirnya masjid Paripurna di tengah masyarakat baik di tingkat kelurahan maupun Kecamatan sangat memberi arti bagi umat.

Melalui masjid tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat bagi yang kreatif mengambil peluang.

Komplek masjid paripurna memiliki banyak item, diantaranya adanya klinik masjid, pustaka masjid dan lainnya. Dengan demikian akan banyak masyarakat datang ketempat istimewa tersebut.

Asisten IV, Sekdako Pekanbaru, Dr. Mutia Eliza, MM, senin (7/3), mengatakan fungsi masjid Paripurna untuk membentuk generasi yang memiliki keimanan.

"Selain itu juga hadirnya masjid paripurna ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ketika program pembinaan terhadap para generasi dilakukan, maka kreatifitas mereka dapat sebagai jalan dalam meningkatkan perekonomian. Seperti, dalam bentuk perdagangan dan inovasi lainnya yang dapat bernilai ekonomi," ujar Mutia Senin (7/3).

Ia juga menjelaskan masyarakat harus memanfaatkan keberadaan masjid paripurna, baik ditingkat kelurahan, kecamatan atau di tingkat Kota Pekanbaru, jelaskannya.

"Yang jelas, mereka yang aktif dan inovatif dalam melihat peluang akan mendapatkan perubahan dengan meningkatnya perekonomian,"

Pemko Pekanbaru Tetapkan 58 Masjid Paripurna Kelurahan

Pemerintah Kota Pekanbaru sudah menetapkan sebanyak 58 Masjid Paripurna tingkat kelurahan. Ini dipastikan setelah SK penujukan ditandatangani Walikota Dr. H. Firdaus, MT.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota (Kabag Kesra Seko) Pekanbaru Rizal mengatakan, operasional masjid-masjid ini diperkirakan akan berjalan pada awal Februari ini. Terlebih dulu nantinya para imam masjid dikumpulkan dan diberi pembekalan.

Saat ini, di Kota Pekanbaru masjid paripurna sudah ditetapkan 58 untuk tingkat kelurahan, 12 untuk tingkat kecamatan dan satu tingkat kota Pekanbaru. Masjid Paripurna adalah program Pemko Pekanbaru dengan menunjuk masjid utama, sebagai pusat kegiatan keagamaan.

"Pembekalan untuk pengurus masjid sudah selesai. Untuk imam awal Februari," kata Rizal.

Berikut ini nama-nama dan lokasi Masjid Paripurna Kelurahan Kota Pekanbaru:

Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Baru-Al Irsyad Jalan Agus Salim, Kota Tinggi-Nurul Iman Jalan Pasar Mambo, Simpang Empat-Mutmainah, Jalan Kartini, Sukaramai-At Taqwa Jalan Cokro Aminoto, Sumahilang-Darul Amal Jalan Hangtuah, Tanah Datar-Muslimin Jalan Muslimin.

Kecamatan Bukitraya, Tangkerang Utara-An Najah Jalan Sakuntala, Simpangtiga-Taqwa Jalan Air Dingin, Tangkerang Labuai-Tsamarul Iman Jalan Pala, Tangkerang Selatan-Al Muhsinin Jalan Cemara.

Kecamatan Limapuluh, Pesisir-Al Furqon Jalan AL Furwon, Rintis-Al Ibadah Jalan Dr Setiabudi, Sekip-Al Muttaqin Jalan Indra Pahlawan, Tanjung Rhu-Al Fajariah Jalan Hijrah Sumber Sari.

Kecamatan Marpoyan Damai, Tangkerang Tengah-Ittihadul Muslimin Jalan Wonosari, Maharatu-Al Ikhwan Jalan Parkit XII, Sidomulyo Timur-Lillah Jalan Adi Sucipto, Tangkerang Barat-Al Manar Jalan Tongkol, Wonorejo-Al Mujahadah Jalan Taskurun.

Kecamatan Payung Sekaki, Tampan-Baitussalam Jalan Pemuda, Air Hitam-Al Ikhlas Jalan Soekarno Hatta Gang Ikhlas, Labuh Baru Barat-Al Fajar Jalan Fajar, Labuh Baru Timur-AL Hidayah Jalan Meranti.

Kecamatan Sail, Cinta Raja-Al Iman Jalan Letkol Hasan Basri, Sukamaju-Nurul Huda Jalan Ronggowarsito, Sukamulia-Amal Jariyah Jalan Diponegoro III.

Kecamatan Senapelan, Kampung Dalam-Rahmat Illahi Jalan H Sulaiman, Kampung Bandar-Al Huda Jalan Perdagangan, Kampung Baru-Nurul Iman Jalan Meranti, Padang Bulan-Al Khasyi'in Jalan Teratai, Padang Terubuk-Istiqarah Jalan Riau Gang Geliga, Sago-Al Washliyah Jalan Sam Ratulangi.

Kecamatan Sukajadi, Kampung Melayu-Al Falah Jalan Murai, Harjosari-Annur Brimob Jalan Durian Asrama Brimob, Jadirejo-Ar Rahim Jalan Pepaya Gang Tanjung, Kampung Tengah-Nurul Iman Khairat Jalan Nenas, Kedung Sari-Al Jihad Jalan Melur, Pulau Karam-Al Jami' Jalan Ahmad Yani Gang Pelita, Sukajadi-Al Ihsan Jalan Teratai.

Kecamatan Tampan, Delima-Al Huda Jalan HR Soebrantas, Sidomulyo Barat-Al Muhajirin Jalan Muhajirin Perum Purna Griya Mas, Simpangbaru-Al Ukhuwah, Jalan Garuda Sakti, Tuah Kaya-Al Ma'ruf Jalan Sukakarya.

Kecamatan Tenayan Raya, Rejosari-Nurul Iman Jalan Hangtuah, Kulim-Nurul Amal Jalan Lintas Timur, Sail-Amaliyah Jalan Hangtuah ujung, Tangkerang Timur-Raudhatus Shalihin Jalan Bukit Barisan.

Kecamatan Rumbai, Sri Meranti-Nurul Ilmu Jalan Kartika Sari, Muara Fajar -Al Ihsan Jalan Yos Sudarso KM 18, Palas-Al Mukminin Jalan Satria, Rumbai Bukit-Istiqomah Jalan Yos Sudarso KM 14,5, Umban Sari-Baitul Maktamar RW 04.

Kecamatan Rumbai Pesisir, Lembah Damai -Khairul Amal Jalan Erba, Lembah Sari-Al Ikhlas Jalan Pembina, Limbungan-Miftahul Jannah RW 1, Limbungan Baru-Baitul Rahman Jalan Pembangunan, Meranti Pandak-Al Mukminin Jalan Meranti, Tebing Tinggi Okura-Al Ihsan RW 04. (adv)

 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »

Kamis,05 Juli 2018 - 00:27:48 WIB

Pendaftaran Calon Bawaslu Kabupaten Kota Se-Riau Ditutup, 352 Orang Mendaftar

Hari ini, rabu tanggal 4 Juli 2018, pendaftaran calon anggota Bawaslu Kab/Kota Se- Riau resmi ditutup, data terakhir sampai dengan jam 16 .00 wib telah mendaftaf sebanyak 325 calon, belum termasuk calon yang mendaftar via pos yang mengirimkan lamaran dihari terakhir (cap pos). Penerimaan calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Riau telah dibuka sejak tanggal 28 Juni 2018 yang lalu sampai dengan hari ini.. Pelamar lebih banyak yang mengantar langsung berkas lamarannya ke sekretariat Tim Seleksi (Timsel) di Jalan Adi Sucipto No.284, Komplek Transito Pekanbaru, dibanding melalui Jasa kurir atau Pos. Batas akhir Penerimaan berkas yang diantar langsung ke sekretariat adalah hingga jam 4 sore, sedangkan pengiriman berkas dengan cara scan dan di kirimkan ke alamat email timsel bawaslu.kkseriau2018@gmail.com hingga pukul 23.59 Wib. Sampai jam 16.00 sore ini, tercatat 352 orang pendaftar telah mengirimkan/mengantarkan berkas, dengan rincian sementara jumlah Pendaftar per-Kabupaten/Kota se-Riau sebagai berikut : Kota Pekanbaru : 102 Orang Kota Dumai : 15 Orang Kab. Bengkalis : 19 Orang Kab. Siak : 28 Orang Kab. Rohil : 25 Orang Kab. Meranti : 15 Orang Kab. Kampar : 32 Orang Kab. Rohul : 27 Orang Kab. Inhil : 11 Orang Kab. Kuansing : 36 Orang Kab. Pelalawan : 37 Orang Dari 352 Orang pendaftar tersebut (kemungkinan akan bertambah sampai malam ini) dan akan di lakukan penilaian berkas/seleksi administrasi dengan jumlah 252 Orang yang akan lulus, dan nantinya akan mengikuti tes tertulis CAT dan Psikologi. 252 Orang tersebut, perkiraan yang akan terjaring sebanyak 198 Orang yang akan mengikuti Tes Kesehatan dan Wawancara. Akhir jumlah Peserta Calon yang akan dikirim ke Bawaslu RI sebanyak 108 Orang dan nantinya akan menduduki posisi komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota sebanyak 54 Orang. "Batas waktu penerimaan berkas memang berakhir pada jam 4 sore, namun untuk peserta yang telah mengirimkan berkas melalui email sampai jam 23.59 Wib tetap akan di terima, artinya penerimaan berkas tetap berlangsung walaupun berkas asli nya diterima diluar tanggal 4 Juli." ujar Ketua Timsel 1 Dr.Hasanuddin, M.Si. "Sama halnya jika melalui Pos Kilat, kita akan terima dengan memperhatikan tanggal pengiriman berkasnya atau tanggal Cap Posnya yaitu paling lambat tanggal 4 Juli 2018", tambahnya. Dari beberapa Kabupaten yang ada, rencananya akan dilakukan perpanjangan waktu penerimaan berkas untuk Kabupaten yang jumlah pesertanya kurang dari 30 Orang, untuk Kabupaten/Kota yang akan memiliki komisioner Bawaslu sebanyak 5 Orang yaitu Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Inhu, Inhil, dan Kota Pekanbaru. Sedangkan Kabupaten Meranti, Kuansing, dan Kota Dumai akan memiliki komisioner Bawaslu masing-masing sebanyak 3 Orang.

Kamis,05 Juli 2018 - 00:27:48 WIB

Pendaftaran Calon Bawaslu Kabupaten Kota Se-Riau Ditutup, 352 Orang Mendaftar

Hari ini, rabu tanggal 4 Juli 2018, pendaftaran calon anggota Bawaslu Kab/Kota Se- Riau resmi ditutup, data terakhir sampai dengan jam 16 .00 wib telah mendaftaf sebanyak 325 calon, belum termasuk calon yang mendaftar via pos yang mengirimkan lamaran dihari terakhir (cap pos). Penerimaan calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Riau telah dibuka sejak tanggal 28 Juni 2018 yang lalu sampai dengan hari ini.. Pelamar lebih banyak yang mengantar langsung berkas lamarannya ke sekretariat Tim Seleksi (Timsel) di Jalan Adi Sucipto No.284, Komplek Transito Pekanbaru, dibanding melalui Jasa kurir atau Pos. Batas akhir Penerimaan berkas yang diantar langsung ke sekretariat adalah hingga jam 4 sore, sedangkan pengiriman berkas dengan cara scan dan di kirimkan ke alamat email timsel bawaslu.kkseriau2018@gmail.com hingga pukul 23.59 Wib. Sampai jam 16.00 sore ini, tercatat 352 orang pendaftar telah mengirimkan/mengantarkan berkas, dengan rincian sementara jumlah Pendaftar per-Kabupaten/Kota se-Riau sebagai berikut : Kota Pekanbaru : 102 Orang Kota Dumai : 15 Orang Kab. Bengkalis : 19 Orang Kab. Siak : 28 Orang Kab. Rohil : 25 Orang Kab. Meranti : 15 Orang Kab. Kampar : 32 Orang Kab. Rohul : 27 Orang Kab. Inhil : 11 Orang Kab. Kuansing : 36 Orang Kab. Pelalawan : 37 Orang Dari 352 Orang pendaftar tersebut (kemungkinan akan bertambah sampai malam ini) dan akan di lakukan penilaian berkas/seleksi administrasi dengan jumlah 252 Orang yang akan lulus, dan nantinya akan mengikuti tes tertulis CAT dan Psikologi. 252 Orang tersebut, perkiraan yang akan terjaring sebanyak 198 Orang yang akan mengikuti Tes Kesehatan dan Wawancara. Akhir jumlah Peserta Calon yang akan dikirim ke Bawaslu RI sebanyak 108 Orang dan nantinya akan menduduki posisi komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota sebanyak 54 Orang. "Batas waktu penerimaan berkas memang berakhir pada jam 4 sore, namun untuk peserta yang telah mengirimkan berkas melalui email sampai jam 23.59 Wib tetap akan di terima, artinya penerimaan berkas tetap berlangsung walaupun berkas asli nya diterima diluar tanggal 4 Juli." ujar Ketua Timsel 1 Dr.Hasanuddin, M.Si. "Sama halnya jika melalui Pos Kilat, kita akan terima dengan memperhatikan tanggal pengiriman berkasnya atau tanggal Cap Posnya yaitu paling lambat tanggal 4 Juli 2018", tambahnya. Dari beberapa Kabupaten yang ada, rencananya akan dilakukan perpanjangan waktu penerimaan berkas untuk Kabupaten yang jumlah pesertanya kurang dari 30 Orang, untuk Kabupaten/Kota yang akan memiliki komisioner Bawaslu sebanyak 5 Orang yaitu Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Inhu, Inhil, dan Kota Pekanbaru. Sedangkan Kabupaten Meranti, Kuansing, dan Kota Dumai akan memiliki komisioner Bawaslu masing-masing sebanyak 3 Orang.