Kapolresta : Angka Kejahatan Di Batam Cenderung Menurun.

Kapolresta : Angka Kejahatan Di Batam Cenderung Menurun.
Kapolresta Barelang Kombespol Helm y Santika

RIAUTERBIT.COM-Kapolresta Barelang Komisaris Besar Polisi Helmy Santika menyebut angka kejahatan di Kota Batam dalam dua bulan terakhir cenderung mengalami penurunan dibandingkan akhir 2015.

"Kami sudah banyak melakukan penindakan. Selama saya menjabat (sejak pertengahan Januari 2016, Red) kecenderungannya turun" sebutnya di Polda Kepri Batam Kamis, 10 Maret 2016.

Menurut Helmy, kejahatan yang cenderung menurun di antaranya pencurian khususnya kendaraan bermotor, jambret, dan perampokan dengan modus memecah kaca mobil.

Meskipun masih beberapa kali terjadi kejahatan di jalan, Kapolresta menolak dikatakan masih marak.

"Kalau dibilang marak harus ada datanya. Misalkan sebelumnya 10 jadi 20 kali. Kalau nggak ada datanya tidak bisa dibilang marak. Kami sudah banyak bertindak" tuturnya.

Dalam beberapa hari terakhir jajaran Polresta Barelang menangkap beberapa komplotan pelaku kejahatan jalanan. Sejumlah pelaku juga dilumpuhkan dengan timah panas pada bagian kaki.

"Rata-rata aksi kejahatan tersebut dilakukan oleh komplotan. Tidak hanya sendiri-sendiri. Dalam beberapa hari ini sudah tidak ada laporan lagi" kata Helmy.

Khusus untuk pencurian kendaraan bermotor, sambungnya, komplotan tidak hanya menjual hasil kejahatannya itu di Kota Batam, namun sampai di sejumlah pulau lain.

"Banyak yang dijual hingga ke Pulau Moro Tanjung Balai Karimun. Itu berdasarkan pengakuan pelaku yang sudah diamankan. Artinya jaringannya sudah luas" terang Helmy.

Untuk menekan kejahatan di jalan, Polda Kepri juga membentuk satuan khusus yang melakukan patroli selama 24 jam.

Ia meminta masyarakat agar tidak terlalu resah namun tetap waspada terhadap berbagai tindak kejahatan yang mungkin terjadi. (rls/an)

Berita Lainnya

Index